Lihat ke Halaman Asli

Penting Berbahasa dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 10 Juni 2022   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya berbahasa dalam kehidupan sehari - hari

Dalam kehidupan manusia bahasa mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena Bahasa adalah alat komunikasi yang melalui percakapan dengan kata-kata.  khususnya di indonesia, indonesia merupakan negara yang beragam budaya, tradisi ,dan bahasa. bahasa indonesia disebut sebagai bahasa nasional ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang jawa tetapi kita tidak bisa bahasa jawa cukup kita berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga termasuk bahasa pemersatu. Kenapa disebut bahasa pemersatu? Karena bahasa Indonesia kehadiranya mampu diterima disemua khayalak baik dari kota, desa, pejabat, golongan atas, golongan bawah, laki - laki, perempuan, orang dewasa, remaja dan anak kecil.

bahasa sebagai alat berinteraksi dengan manusia, alat untuk berfikir, serta menyalurkan arti kepercayaan di masyarakat. Bahasa sebagai alat komunikasi maupun berinteraksi, bahasa juga memiliki arti penting sebagai metode pembelajaran pada lingkup bahasa itu sendiri.
bahasa begitu penting , karena bahasa tidak hanya sebatas alat komunikasi tetapi menjadi multi fungsi bagi kepentingan manusia

Bahasa dapat menunjukkan simbol budaya di suatu suku bangsa. Hal ini terbukti dari keberadaan dialek atau logat bahasa yang beragam dari berbagai suku bangsa. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan secara geografis dan pelapisan lingkungan sosial antarsuku bangsa dalam kehidupan masyarakat.
bahasa sebagai penanda stratifikasi sosial.

Bahasa dapat menunjukkan pola hubungan dan stratifikasi sosial di suatu masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline