Lihat ke Halaman Asli

Ade khariani

Universitas Islam Negri Sumatera Utara

Islam dalam Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 12 Agustus 2020   23:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respirator Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernapasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). 

Penyakit ini terutama menyebar di antara orang- orang melalui tetesan pernapasan dari batuk dan bersin. Tindakan pencegahan dan mitigasi merupakan kunci penerapan di pelayanan kesehatan dan masyarakat. Adapun langkah-langkah pencegahan yang paling efektif di masyarakat meliputi:

  1. Melakukan kebersihan tangan menggunakan hand sanitizer jika tangan tidak terlihat kotoratau cuci tangan dengan sabun jika tangan terlihat kotor;
  2. Menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut;
  3. Terapkan etika batuk atau bersin dengan menutup hidung dan mulut dengan lengan atas bagian dalam atau tisu, lalu buanglah tisu ke tempat sampah;
  4. pakailah masker medis jika memiliki gejala pernapasan dan melakukan kebersihan tangan setelah membuang masker;
  5. menjaga jarak (minimal 1 m) dari orang yang mengalami gejala gangguan pernapasan. 

Mencuci tangan dengan benar sesering mungkin merupakan salah satu cara penanganan yang paling penting untuk mencegah COVID-19 praktik ini harus dilakukan dimana saja agar terhindar dari berbagai virus.

Menjaga kesehatan Dalam islam agar tidak terinfeksi COVID-19, dengan cara berwudhu. Wudhu merupakan cara yang efektif untuk senantiasa menjaga kesehatan diri. Kesehatan itu erat kaitannya dengan kebersihan. Ilmu kedokteran modren telah membuktikan bahwa wudhu memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Bagian-bagian tubuh yang dibasuh saat wudhu merupakan titik-titik penting untuk kesehatan tubuh.
Berikut ini adalah manfaat whudu dengan kesehatan;

  1. Membersihkan Tangan Kita.
    Kuman yang berada di sekeliling kita tanpa kita sadari sering menempel pada tangan kita. Karena banyak sekali aktifitas yang kita lakukan sehari-hari menggunakan fungsi tangan kita. Oleh karenanya dengan sering berwudhu berarti otomatis kita selalu mencuci tangan kita dan menjaga kita dari serangan kuman yang berbahaya bagi tubuh kita dan kesehatan kita.
  2. Mengurangi Sakit Kepala.
    membasuh sebagian kepala saat berwudhu merupakan terapi untuk memberikan rasa segar pada otak kita sekaligus memberikan efek pemijatan pada kulit kepala.
  3. Mencegah sakit gigi dan gusi
    Berkumur ketika berwudhu memberikan manfaat untuk membuang semua kotoran dan kuman penyebab penyakit gigi dan gusi dalam mulut.
  4. Terhindar dari penyakit kulit
    Proses saat berwudhu terdiri dari mencuci sebagian besar anggota tubuh seperti wajah, tangan dan kaki, serta sela-sela kuping.
  5. Menjaga kesehatan hidung
    Dengan mencuci hidung ketika berwudhu berati membuang semua kotoran yang menempel di dalam hidung anda, sehingga hidung anda akan tetap sehat dan bebas dari kotoran.

Basuhan wudhu dalam konsep pengobatan modren disebut dengan Hydromassage, yaitu pijat dengan memanfaatkan air sebagai media pengobatan. Sistem metabolisme manusia terhubung dengan jutaan saraf yang ujungnya tersebar  disepanjang kulit membasuh anggota tubuh dalam wudhu akan memberikan efek positif bagi  anggita tubuh lainnya.

Demikian pula dengan anggota tubuh lainnya yang terkena besuhan air wudhu. Semuanya memberikan efek positif dalam tubuh, maka dari itu sempurnakan wudhumu, karna wudhu yang kita lakukan memberikan manfaat bagi kesehatan. Terlebih lagi dimasa pandemi covid-19 saat ini, wudhu merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Setelah kita memahami betapah bermanfaatnya berwudhu bagi kesehatan kita, sekarang marih kita melatih diri berwudhu sebagai terapi kesehatan dan melakukannya dengan istiqomah dan ikhlas lillahita'ala. Dan insyaallah akan bermanfaat untuk menambah amal sholeh kita dan juga bagi kesehatan kita.

Refrensi:

Muhammad syafi'ie el-bantanie.Dahsyatnya Terapi Whudu.(Jakarta, Pt elex media komputindo,2010)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline