Lihat ke Halaman Asli

Ade Irma Mulyati

SDN Jaya Giri Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat

Sisi Positif dari Kegiatan Penjelajahan Pramuka

Diperbarui: 14 Agustus 2023   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pri

Kegiatan Pramuka bagi siswa sekolah dasar menjadi aktivitas yang menyenangkan.  Siswa antusias mengikuti latihan yang dilaksanakan seminggu sekali dibimbing kakak pembina masing-masing. Mereka tampak gagah dengan mengenakan baju seragam Pramuka lengkap dengan atribut di bajunya. 

Siswa sekolah dasar dikenalkan dengan Pramuka siaga dan penggalang. Mereka berlatih melalui kegiatan ekstrakurikuler. Materi pengenalan pramuka yang diberikan kepada siswa terkait sejarah Pramuka, tali temali, sandi pramuka, baris berbaris, berkemah serta susur jejak atau penjelajahan. 

Bagian berkemah dan penjelajahan menjadi momen yang paling ditunggu. Setiap menjelang hari Pramuka seluruh anggota menunggu instruksi dari kakak pembina apakah ada rencana berkemah atau tidak. Andaikan ada kabar mau berkemah mereka akan bertepuk tangan dan bersorak tanda bahagia. 

Sepertinya mereka sudah membayangkan akan bermalam melakukan challenge berbaur bersama bintang. Menikmati waktu sepanjang malam bersama teman-teman dalam suasana yang berbeda dengan keseharian.

Wah, pokoknya terbayang akan menikmati api unggun dan renungan malam pas puncak acara berkemahnya. Mereka sudah banyak yang bertanya, $Kak, ada kemping gak?" Sepertinya mereka berharap ada anggukan kepala tanda persetujuan dengan keinginan mereka. Jika dijawab iya, mereka akan jingkrak-jingkrak dan bersiap membuat nama regu, menyusun kelompok bahkan mempersiapkan lebih awal makanan yang akan dibawa sebagai bahan cemilan. Mereka belum memikirkan hal yang secara teori harus dikuasai sebelum melakukan perkemahan. Sepertinya dalam pikiran mereka hanya hal yang menyenangkan dan menggembirakan.

Lain lagi yang dipertimbangkan Kakak pembina jika akan merencanakan sebuah perkemahan atau penjelajahan. Perlu ditelaah aset pendukung yang bisa dioptimalkan. Kalau belum memungkinkan lebih baik dirancang lebih dalam dan dipersiapkan jauh-jauh hari. 

Di kegiatan penjelajahan Anggota Pramuka dilatih beradaptasi dengan lingkungan agar lebih menjiwai dan mampu melakukan penyesuaian dengan berbagai kondisi yang kemungkinan akan dihadapi. Berbagai situasi harus dikenalkan sehingga mereka mampu penempatan diri dengan memiliki pemahaman mendalam serta kesanggupan menganalisa. 

Berdasarkan berbagai pertimbangan maka diputuskan dilakukan susur jejak atau penjelajahan. Tujuannya agar siswa lebih mengenal lingkungan sekitar. Kegiatan susur jejak di SDN Jaya Giri telah menyusun program sejak membedah kalender pendidikan di bulan Juli 2023.

Sebenarnya rencana awalnya kami ingin melaksanakan Persami atau Perkemahan Sabtu Minggu. Tetapi karena dengan berbagai pertimbangan kepada faktor pendukung yang belum memenuhi maka dilakukan redesain program dengan dialihkan ke penjelajahan. Sehingga siswa memiliki pengalaman dan bertumbuh rasa cinta pada Pramuka. 

Hemat kami ada sisi positif yang didapatkan dari kegiatan susur jejak atau penjelajahan, yakni:

1. Memperkokoh kekompakan. Siswa dalam satu regu akan merasakan pentingnya kerjasama diantara mereka. Dalam regu harus saling menjaga dan melindungi serta seia sekata. Ego diri harus diselaraskan dengan orang lain yang memilki ego juga, sehingga perlu saling menghargai dan memupuk kemampuan penempatan diri antara anggota kelompok. Pemahaman ini penting sekali karena kekompakan akan memperkuat posisi regu sehingga bisa dijalin kordinasi, komunikasi dan kolaborasi yang harmonis.

2. Meningkatkan kedisiplinan. Menjadi anggota Pramuka melatih siswa untuk disiplin pada diri sendiri, tepat waktu, taat aturan serta tau hak dan kewajiban. Dengan disiplin akan menjadikan hidup di masa depan teratur, terstruktur dan melakukan berbagai hal dengan perhitungan sebelumnya. Begitupun saat mereka melakukan susur jejak akan patuh pada tanda-tanda jejak yang terpasang, kemudian tidak usil memindahkan bahkan menghapus tanda jejak tersebut. Sifat iseng dengan tidak disiplin merubah tanda-tanda akan membahayakan regu lainnya, dan tindakan ini harus dihindari. 

3. Menumbuhkan tanggungjawab dan mandiri. Pramuka membangun sikap dan karakter bertanggungjawab. Diharapkan nanti mereka menjadi generasi yang tidak lari dari tanggung jawab. Mereka akan berkomitmen dan teguh pada pendirian yang baik. Sehingga mampu memfilter hal yang mendekati dengan pemikiran rasional dan logis. Mereka pun dilatih untuk mandiri, sehingga mampu memenuhi kebutuhannya tanpa bergantung pada orang lain. Mereka akan bertumbuh menjadi generasi yang kuat dan mampu memikul tanggungjawab menjadi calon pemimpin masa depan. Mereka akan kuat, tangguh, berwibawa dan tanggungjawab.

4. Membiasakan untuk pengendalian diri sehingga mampu menempatkan diri dalam kelompok. Menjadi anggota Pramuka, harus memiliki kemapuan berdamai dan selalu mengamalkan trisatya dan dasa darma Pramuka. Selain itu mereka dilatih untuk mampu menempatkan diri dan bergaul dalam kelompok. Sehingga jika ada silang pendapat mampu menyelesaikan secara mufakat dan demokratis menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan musyawarah untuk mufakat.

Ternyata kegiatan susur jejak atau penjelajahan memberikan manfaat positif yang menumbuhkembangkan karakter baik pada siswa juga memupuk kemampuan adaptasi diri agar lebih dekat dengan lingkungan. Anggota Pramuka akan mengambil makna bahwa belajar dari berbagai sumber ajar membantu memperluas pengetahuan, pemahaman dan memberikan pengalaman nyata sebagai bukti bahwa lingkungan sekitar menjadi sumber belajar yang luas.

Salam Pramuka.

KBB, 13-08-2023 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline