Lihat ke Halaman Asli

Ade Hanafidin

Mahasiswa

Ancaman Besar Perubahan Iklim terhadap Keamanan Manusia di Tuvalu

Diperbarui: 18 Oktober 2021   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perubahan Iklim adalah suatu kejadian meningkatnya suhu bumi yang diakibatkan oleh sinar matahari yang tidak difilter terlebih dahulu oleh salah satu lapisan atmosfer bumi. Perubahan iklim ini disebabkan oleh banyak hal diantaranya; Penggundulan Hutan, Pembuatan Rumah atau gedung kaca, dan gas yang dikeluarkan oleh Transportasi dan Pabrik.

Perubahan Iklim akan mengakibatkan suhu bumi meningkat sehingga akan mengancam kelangsungan hidup mahluk hidup secara keseluruhan dimulai dari bencana kekeringan, ketinggian permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub, badai, dan lain sebagainya.

Tuvalu merupakan negara kepulauan di pasifik diantara Hawaii dan Australia yang mempunyai wilayahnya sebagian besar dikelilingi lautan  dan mempunyai daratan yang sangat kecil. Perubahan iklim ini tentu sudah menjadi masalah yang sangat krusial bagi negara tersebut tidak hanya terhadap aspek manusia didalam nya melainkan pada keberlangsungan negara tersebut.

Ada sekitar 11000 ribu jiwa penduduk di negara tuvalu yang sebagian besar dari mereka bertempat tinggal di pulau Fongapale sebagai pulau terbesar diantara pulau-pulau yang dimiliki Tuvalu lainya. Belasan ribu penduduk ini terancam kehilangan rumah, tanah, harta bendanya akibat dari pertambahan tinggi permukaan air laut yang disebabkan oleh melelehnya es di kutub dan membuat jarak pulau tertingginya dengan air laut hanya 3 meter.

Hal ini harus menjadi perhatian bersama masyarakat internasional bahwa ancaman perubahan iklim ini sangat nyata tidak hanya dicantum kan melalui media tulisan saja banyak orang khususnya di Tuvalu terancam akan bahaya yang menyangkut kehidupan nya

Diperlukan suatu pembangunan yang bersifat berkelanjutan dan ramah lingkungan agar terhindar dari bahaya perubahan iklim ini sesuai dengan apa yang disebutkan oleh United Nations of Development Programme khususnya beberapa point dari 17 point keseluruhan yang menyangkut tentang pembangunan berkelanjutan untuk menjaga planet bumi agar bisa dihuni lebih lama lagi.

Jika sukses untuk membuat alam kita bertahan dengan program dari UNDP ini bukan tidak mungkin akan menyelamatkan jutaan mahluk hidup tidak hanya di vanuatu saja melankan secara global juga terkena dampak positif nya. 

Tulisan ini bersumber pada: 

satu, dua




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline