Lihat ke Halaman Asli

UMKM Melek Teknologi, Marketplace Solusinya!

Diperbarui: 28 September 2024   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Marketplace (Image Creator)

Saat ini kita memasuki era di mana pasar online lebih diminati dibanding pasar offline. Banyak pedagang kecil yang mulai melek teknologi dengan belajar tentang marketplace.

Apa itu marketplace? Marketplace adalah platform online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli tanpa bertatap muka. Marketplace bisa diakses melalui laman internet, diunduh melalui Google Play Store, Apps Store, bahkan bisa diakses melalui media sosial Facebook. Beberapa marketplace yang populer di Indonesia, antara lain: Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop, Blibli, Bukalapak, Lazada, OLX, dsb.

Marketplace memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  • Dapat meningkatkan brand awareness

Dengan mendaftarkan toko di marketplace, pembeli akan mulai mengenali brand produk tersebut lantaran bisa mejeng di laman marketplace.

  • Menjangkau pasar yang lebih luas

Marketplace juga membantu kita untuk menjangkau pembeli baru dengan area yang lebih luas, bisa sampai luar kota maupun luar pulau.

  • Meningkatkan kepercayaan pembeli

Marketplace memiliki fitur rating toko dan produk yang bisa meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk atau toko tersebut.

  • Metode pembayaran mudah.

Marketplace juga menawarkan kemudahan akses dalam pembayaran sebuah pesanan. Bisa menggunakan  COD (bayar di tempat), virtual account bank, kartu kredit, debit, dsb.

  • Pengiriman mudah

Marketplace juga bekerja sama dengan berbagai ekspedisi seperti J&T, JNE, Shopee Express, Anteraja, Sicepat, Wahana, Paxel, dan lain-lain.

  • Tersedia pengiriman instan 2 jam

Tak hanya ekspedisi, marketplace juga bekerja sama dengan ojek online seperti Grab, Gojek dan Shopee Express untuk pengiriman instan 2 jam.

  • Bisa diakses kapan pun

Sama seperti konsep warung Madura, marketplace juga bisa diakses nonstop selama 24 jam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline