Apa yang terlintas dari foto di atas?
Sekelebatan nampak seorang anak sedang menunjuk sederetan huruf yang menempel di dinding dan melafalkan huruf yang ditunjuknya dengan menggunakan sebuah spidol.
Kegiatan mengenalkan huruf alfabet dimulai dari mengenalkan bunyi huruf vokal. Seperti kita ketahui, huruf vokal terdiri dari huruf-huruf "a-i-u-e-o". Bagi anak usia dini yang sedang mulai belajar pra literasi awal pengenalan akan huruf vokal ini bisa mengenalkan pada anak melalui bermain.
Tepuk huruf-huruf vokal, bernyanyi huruf vokal, meniru bentuk huruf vokal dengan playdough, dan media loosepart yang ada di sekitar. Tujuannya agar anak memahami karakteristik bentuk hurufnya, bisa melafalkannya dan tentunya juga anak mampu menulis huruf vokal tersebut.
Pengenalan membaca bagi anak yang cepat menirukan apa yang dikatakan dengan mengulang-ulang kembali pembelajaran yang telah diberikan mengenal huruf vokal akan berbeda hasilnya dengan anak yang memiliki kemampuan ingatan pendek. Anak akan cepat lupa meskipun huruf-huruf yang dikenalkan hanya 5 huruf.
Begitulah dunia anak yang unik dan mereka memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Pemberian stimulus yang dilakukan setiap hari dan rajinnya mengulang-ulang pembelajaran membuat anak cepat belajar dan menguasai pembelajaran.
Apakah menjadi jaminan seorang anak yang mampu mengeja suku kata terbuka seperti "ba-ca-bu-ku" setelah ia bisa merangkai bunyi huruf vokal dan konsonan menandakan anak bisa membaca?
Semua butuh proses dan ada aturannya. Membaca itu sebuah keterampilan yang harus dilatih. Mengenalkan teknik membaca pada anak usia dini dengan cara Orang tua bersama anak membaca nyaring bersama-sama. Hal ini bertujuan anak meniru apa yang dibacakan Orang tuanya.
Selanjutnya anak akan menghafal kata yang ada dan berusaha sendiri dengan cara Orang tua membacakan sebagian kata dan anak melanjutkan bacaan kata yang terputus. Anak akan percaya diri dan akan mengulang membaca bacaan tadi dengan suasana hati yang riang gembira karena berhasil mengeja huruf-huruf yang terangkai dalam kata yang bermakna.
Perlahan-lahan anak akan mencintai buku dan mau berusaha membaca. Lalu apakah ada cara yang mempercepat anak menguasai teknik membaca?
Pengalaman di lapangan ketika mengenalkan bagaimana teknik membaca pada anak usia 4-6 tahun beragam ceritanya. Yang perlu dihindari adalah memaksa anak untuk mau belajar membaca. Menghindari ancaman pada anak yang tidak mau membaca. Anak tidak boleh bermain, dipotong jam mainnya hingga anak menangis.