Lihat ke Halaman Asli

Ade azkatahiyah

Membaca buku 3 buku 300 hal dlm sehari0

Literasi Keuangan Digital

Diperbarui: 20 Agustus 2024   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Menejemen keuangan pribadi

Menejemen pribadi adalah merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola, menyimpan,merancang dana keuangan sehari- hari yg mereka punyai, menejemen pribadi juga bisa di artikan sebagai suatu cara dalam mengelola apa yg di miliki berhubungan dengan tanggung jawab dalam mengelola keuangan pribadinya.

Menejemen pribadi juga sangat di butuhkan bagi semua orang agar dapat mengelola keuangannya dengan baik dan benar, kemanyakan orang menerapkan pola prilaku keuangannya melalui mengamatan dan kesalahan di masa lalu.

Ada banyak sekali yg mempengaruhi seseorang agar menerapkan pola ini salah satunya faktor ekonomi keluarga yg menurun, dan akhirnya membuat seseorang menggunakan pola ini, atau yg biasa di kenal dengan personal finance.

Menurut nidar( 2012 ) faktor yang mempengaruhi personal financial management mahasiswa yaitu:pendidikan keuangan di keluarga, literasi keuangan,

Kecerdasan spiritual individu, dan peran teman sebaya. Literasi keuangan menjadi salah satu faktor yg mempengaruhi menejemen keuangan pribadi individu, namun pemaparan ini bertolank belakang dengan hasil penelitian yg di lakukan oleh nababan (2012) yaitu pengelolaan uang tidak harus berkaitan dengan pengetahuan mengelola uang, banyak orang yang padai mengelola uang karna faktor-faktor tertentu salah satu nya faktor psikolagi seseorang.

LIterasi keuangan adalah keterampilan dan pengetahun yang memungkinkan seseorang individu membuat keputusan yang efektif dengan semua sumber daya keuangan pribadinya.

Bagaimana si agar kita bisa mengelola keuangan pribadi kita? aku punya beberapa tips agar kita bisa mengelola keuangan kita dengan baik dan benar, pertama, kita harus tau dulu nih tujuan keuangan yg kita punya agar kita tau apa saja si anggaran yang harus di prioritas kan, kedua kita harus merancang anggaran" agar anggaran yang kita keluarkan tidak melebihi dana yg kita miliki, ketiga kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, dahulukan kebutuhan dia atas keinginan, keempat kita harus bijak menggunakan kartu kredit dan paylater, kelima kita harus penyiapkan dana cadangan dan dana tabungan agar ketika kita membutuhkan dana secara mendadak kita sudah siap akan hal itu, keenam kita harus membuat wishlist untuk beberapa periode.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline