Lihat ke Halaman Asli

Ini Dia 5 Tips Mudah Jago Bahasa Inggris

Diperbarui: 22 Juli 2024   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belajar. Sumber ilustrasi: Pexels/Oladimeji Ajegbile

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, maka dari itu orang-orang yang bukan native speaker berlomba-lomba mempelajarinya. Bahasa Inggris sangat diperlukan dalam berbagai bidang sebagai jembatan dari bahasa yang satu dengan bahasa lainnya. Selain itu, sangat banyak informasi dan ilmu yang bisa didapatkan jika seseorang memahami bahasa Inggris. 

Sangat banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris, tetapi biasanya seseorang mengalami kebingungan untuk memulainya. Hal tersebut mungkin disebabkan karena mereka beranggapan bahwa belajar harus melalui kursus yang mahal dan tidak fleksibel. Namun, seiring waktu berjalan, belajar bahasa Inggris bukanlah hal yang rumit, belajar bisa dimulai dari rumah dan bahkan dengan biaya sangat murah. Ini dia beberapa tips mudah belajar bahasa Inggris.

1. Belajar dari Youtube

Youtube merupakan surga berbagai macam video dengan berbagai bahasa. Kamu bisa menonton video belajar bahasa Inggris. Ada sangat banyak konten kreator Indonesia maupun luar negeri yang mengajarkan bahasa Inggris. Beberapa channel belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba tonton videonya adalah Aaron’s English dan Linguamarina. 

2. Belajar melalui aplikasi 

Kamu bisa belajar melalui aplikasi belajar bahasa Inggris seperti Duolingo dan FluentU. Waktu untuk belajar melalui aplikasi lebih fleksibel karena kita bisa belajar kapan saja. Tidak hanya waktu yang fleksibel, kamu juga bisa belajar cukup melalui ponselmu. Kamu bisa sambil belajar melalui aplikasi tersebut walaupun  sedang bepergian.

3. Belajar dengan e-book

E-book sangat beragam macamnya. Kamu bisa membeli e-book berbahasa Inggris di e-commerce. Harganya lebih terjangkau daripada buku versi cetak. Kamu bisa membaca e-book di mana saja dan kapan saja tanpa perlu membawa buku saat bepergian. 

4. Belajar melalui lagu

Lagu berbahasa Inggris dapat membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari makna dari lagu tersebut serta terjemahannya untuk menambah vocabulary-mu loh! Kamu juga dapat mempelajari idiom atau frasa yang biasanya digunakan dalam sebuah lagu. Selain itu, kamu juga bisa sambil belajar speaking dan listening saat bernyanyi maupun mendengarkannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline