Lihat ke Halaman Asli

20 Danau yang Ajaib, Semua Ada di Indonesia (Bag 2)

Diperbarui: 30 September 2015   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

20 Danau yang Ajaib,Api biru yang Luar biasa, Suar Api Abadi & Ombak sungai yang bisa buat Surfing. Semua ada di Indonesia (Bag 2)

[caption caption="Kawah Biru Gunung Ijen"][/caption]
11. Api Abadi Mrapen.
(Eternal Flame)
Api ini sering digunakan sebagai sumber api obor untuk berbagai acara olahraga di Tanah Air, Api Mrapen, terletak di Desa Manggarmas, Godong, Grobogan, Jawa Tengah.

Sumber api ini biasa digunakan juga untuk upacara hari raya umat Budha, yaitu Waisak. Dari Grobogan, api suci dibawa ke Candi Borobudur yang menjadi tempat pusat peringatan Hari Suci Waisak di Indonesia.

12. Pure Blue Fire
(Api Biru) di Kawah Ijen, Jawa Timur.
Di Banyuwangi para petualang bisa melihat keajaiban alam yang dimiliki Kawah Ijen. Tak hanya sunrise menawan, tapi kawah ini juga punya api yg biru.

Hanya ada dua fenomena api biru yang terjadi di dunia, yaitu di Islandia dan Kawah Ijen yang ada di Jatim. Bahkan dalam jumpa pers Banyuwangi Festival di Gedung Sapta Pesona, eco tourim consultant yg terkenal, David Makas membenarkan kalau fenomena yang dikenal dengan blue fire ini sudah terdengar hingga ke mancanegara.

Untuk melihat keindahan api biru ini, wisatawan harus datang saat Subuh. Hanya saat itulah, api biru terlihat jelas. Api biru di Kawah Ijen merupakan hal unik dan langka serta menambah kesempurnaan alam yang dimiliki Kawah Ijen.

13.Danau Tarusan Kamang (Seasonal Lake on monthly & yearly basis)
Located at Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kec Kamang Magek, Kab Agam, SumBar.
Danau ini unik karena hanya berisi air pada musim-musim tertentu. Suatu waktu terlihat begitu luas, tetapi dalam waktu yang tidak bisa diperkirakan, danau ini bisa berubah menjadi hamparan padang rumput hijau. Saat menjadi danau, di bagian tengahnya ada semacam tumpukan tanah yang tidak dibenami air, yang oleh masyarakat setempat disebut Padang Doto.

Danau Tarusan Kamang selama ini dimanfaatkan warga untuk budi daya ikan, kubangan kerbau, memancing, dan mandi. Kala kering, ikan-ikan yang menghiasi danau banyak terperangkap dalam tambak-tambak yang dipasang sebagian warga. Ada beragam jenis ikan di sana seperti pantau, nila, rayo, panser, bada putih.

Menghilangnya air danau ke dalam perut Bumi dan muncul di celah padang rumput yang hijau, tanpa bisa menebak waktunya diperkirakan terjadi karena adanya sungai bawah tanah. Sebagai danau karst, ketika air tanah naik, maka lorong-lorong di bawah bukit batu gamping akan menyemburkan air dan menutupi padang rumput. Tampaklah danau yang luas. Sebaliknya, ketika air sungai bawah tanah turun, air tersedot hingga hanya tampak padang rumput.

Terkadang danau ini bisa kering & jadi padang rumput sampai 5 bulan dan hingga 2 tahun, juga saat terisi kadang waktunya lima bulan hingga dua tahun juga, tak pasti waktunya,
Pada saatnya air mengalir dari balik lubang-lubang batu kapur di kaki bukit sekitar danau dan mengubah padang rumput itu menjadi danau.
_
14.Danau Pagar Alam
(Reddish Lake)
Ini adalah danau berdarah karena warna danau yang semerah darah dari ganggang/plankton dan warna dasar. Danau Pagar Alam terletak di daerah bukit Raja Mandare, kelurahan Candi jaya, Kecamatan Dempo Selatan, Provinsi Bengkulu. Untuk mencapainya, butuh berjalan kaki sekitar dua hari dengan melintasi kawasan hutan Rimbacandi.

Danau berwarna merah ini semakin mengherankan karena setelah air diciduk, ternyata warna airnya normal, bening dan jernih.   
15.Danau Kelimutu
(Three Sister Lakes)
Danau 3 Warna terletak di Kab Ende, Flores, NTT ini punya warna dominan yaitu merah, biru dan putih. Namun, pada perjalanannya, warna danau kerap berubah-ubah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline