Lihat ke Halaman Asli

ADE KOSASI

GURU MAPEL EKONOMI DI SMA N 1 SUKANAGARA KABUPATEN CIANJUR JAWABARAT

Studi Kasus didalam Kelas yang Sering dihadapi Guru

Diperbarui: 27 Februari 2024   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

DESKRIPSI STUDI KASUS

Dalam memulai pembelajaran Sering sekali siswa keluar kelas pada saat pergantian jam mata pelajaran, sehingga membuat guru kesulitan dalam memulai pembelajaran. Murid dan guru yang sudah ada di dalam kelas sering menunggu lama murid yang masih di luar. Untuk itu terasa penting saya mengangkat kasus ini, yaitu : "KEBIASAAN YANG KURANG BAGUS DARI MURID; SERINGNYA KELUAR KELAS PADA SAAT JAM PERGANTIAN MATA PELAJARAN". 

Topik ini terasa penting karena bisa membuat ritme pembelajaran akan terganggu baik bagi murid maupun guru. Saya coba merefleksi diri, saya merasa ada yang kurang dalam diri saya sehingga murid mencari alasan untuk keluar kelas Apakah ada metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga evaluasi yang saya lakukan kurang optimal. pada saat mata pelajaran Ekonomi. 

saya berpikir untuk mencari jalan keluarnya. dengan harapan waktu belajar yang sudah dijadwalkan dapat sesuai dengan materi yang akan diberikan sampai pada pemberian valuasi pmebelajaran akhir pada siswa.

ANALISIS SITUASI

Pada saat saya melakukan penelitian ini, saya adalah seorang guru yang baru ditugaskan di sekolah tersebut, sehingga apakah kasus yang saya alami ini hanya terjadi pada saya atau juga terjadi pada guru lain. Saya juga belum mengetahui karakter dari siswa dan tingkat perekonomian dari keluarga siswa yang memungkinkan menjadi penyebab dari kasus ini terjadi di dalam kelas. 

Peran saya dalam melakukan studi kasus ini yaitu sebagai seorang guru yang berkewajiban mencari jalan keluar dalam kasus yang terjadi di dalam kelas. Yang terlibat dalam kasus ini yaitu murid kelas XI IPS dan saya sebagai guru mata pelajaran ekonomi, guru mata pelajaran yang lain, serta beberapa warga sekolah, seperti staff Tata Usaha. 

Tantangan yang saya hadapi yaitu saya sebagai guru baru yang belum memahami karakter siswa dan lingkungan sekolah, sehingga menunggu waktu yang tepat untuk mencari tahu penyebab dari kasus ini terjadi, setelah waktu yang saya rasa cukup, saya lakukan penelitian ini dengan harapan bermanfaat bagi saya, murid dan guru yang lain. 

Topik yang saya angkat ini mungkin sering terjadi pada setiap sekolah, tapi dengan saya lakukan laporan studi kasus ini mungkin bisa menjadi jalan keluar dalam memecahkan kasus ini. Dalam kasus ini evaluasi pembelajaran menjadi terkendala. ini disebabkan waktu yang tidak efektif yang disebabkan karena masih adanya murid di luar kelas, sehingga berkurangnya waktu pembelajaran yang sudah dijadwalkan oleh pihak sekolah. 

Khususnya waktu yang diperlukan untuk melakukan evaluasi pembelajaran, sehingga evaluasi pembelajaran dilakukan di luar waktu yang telah ditentukan, bisa dikatakan target pembelajaran tidak memenuhi waktu yang telah ditentukan.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline