Lihat ke Halaman Asli

Ade Nur Saadah

Mantan Jurnalis Lifestyle

Jejak Nabi di Kota Tua Bosra, Syria

Diperbarui: 27 Desember 2015   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota yang tercatat sebagai situs warisan dunia Unesco ini tidak hanya memiliki gedung teater tertua di dunia tapi juga jejak Rasulullah ketika berniaga ke negeri ini, negeri yang dulu dikenal dengan nama Syam.

Menempuh perjalanan 2 jam dari pusat kota Damaskus, Suriah, terhampar sebuah situs yang menjadi saksi peradaban dunia. Ribuan tahun yang lalu, kota ini dikenal sebagai pusat perdagangan utama di Semenanjung Arab. Rasulullah Saw termasuk salah seorang pedagang yang berniaga di kota yang dulu dikenal dengan nama Syam.

Setelah Palmyra, Bosra adalah situs peninggalan terpenting dari kejayaan Romawi dan Yunani. Di tempat ini, saya menyaksikan banyak jejak sejarah yang membuat saya tidak putus-putusnya mengucap Masyaallah. Tidak ada kata lain yang bisa menggambarkan betapa besarnya kuasa Allah atas bukti sejarah yang masih kokoh berdiri ini.

Gerbang memasuki kota tua Bosra (foto : Ade Nur Sa'adah)

Keterangan tentang Bosra terungkap dari sebuah prasasti yang diperkirakan ditulis pada kisaran abad 14 Sebelum Masehi. Tulisan di prasasti itu menjelaskan tentang keberadaan kafilah yang terkenal pada masa itu dengan sebutan Akadia, Amoria, Nabatia dan Ghasani. Kafilah Nabatia itu sendiri adalah kaum yang membangun Petra pada abad 4 Sebelum Masehi.

Gereja Pendeta Buhaira (foto : Ade Nur Sa'adah)

Menjelajah kawasan kota Bosra,tak ubahnya seperti memasuki mesin waktu yang mengantarkan saya ke masa ribuan tahun silam. Selain terdapat kompleks perumahan yang sebagian berupa puing, tampak gereja Pendeta Buhaira yang masih berdiri kokoh. Buhaira adalah seorang mantan Yahudi yang kemudian menjadi Rahib Kristen Nestorian dan seorang ahli kitab. Dialah orang pertama yang melihat tanda kenabian Rasulullah Saw, ketika Rasulullah Saw datang ke Syam bersama pamannya Abu Thalib. Waktu itu usia Rasulullah Saw masih 13 tahun.

Tak jauh dari gereja pendeta Buhaira terdapat situs yang dipercaya sebagai tempat Rasulullah Saw menambatkan untanya. Situs itu masih terawat dengan baik. 

Di sinilah Rasulullah Saw menambatkan untanya (foto : Ade Nur Sa'adah)

Teater Bosra Yang Mengagumkan

Selain jejak Rasulullah Saw, di Bosra juga terdapat gedung teater yang dibangun bangsa Romawi. Tempat ini merupakan gedung teater terbesar yang dibangun bangsa Romawi pada masa kejayaannya di abad ke-2 Masehi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline