Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Khas Warung Kopi

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Setelah seharian bergelut dengan yang namanya kelas, buku-buku, lalu lalang mahasiswa, seperti biasanya, aku selalu menyempatkan untuk duduk-duduk santai di warung kopi. menikmati panas dan pahitnya kopi, ngudud sebal sebul, sejenak merefresh pikiran-pikiran yang penuh dengan file tugas. ahh, nikmatnya ....

di warung kopi, ku menemukan segala nikmatnya hidup ini, ditambah dengan sejuknya berkumpul dengan teman-teman. guyonan-guyonan, saling melempar ejek-ejekan dan ditutup dengan memuroja'ah pembahasan-pembahasan yang di kelas menjadi menu ekstra di tempat ini. dan disinilah ku menemukan arti bersosialisasi.

sosialisasi adalah suatu proses dimana warga masyrakat dididik untuk mengenal, memahami, mentaati dan menghargai norma-norma, nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. secara khusus sosialisasi mencakup suatu proses dimana warga masyarakat mempelajari kebudayaannya, belajar mengendalikan diri serta mempelajari peranan-peranan dalam bermasyarakat. jadi inti dari pengertiannya adalah pada "suatu prosesnya". bagaimana prosesnya ? pasti dengan "pemberitahuan". ketika pemberitahuan itu bisa sampai pada titik objeknya, itulah sosialisasi.

warung kopi memberikan nuansa baru pada nilai sosialisasi. sosialisasi dihias indah sehingga berbentuk guyonan, joke-joke plus sindiran-sindiran khas penikmat warung kopi.

ngopi syeeeek, ce' g' salah paham. salam pecinta kopi ......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline