Lihat ke Halaman Asli

Mediaaddawaa

Official Account Addawaa Indonesia

Keutamaan Menjaga Pandangan #Part1

Diperbarui: 15 Maret 2023   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

menjaga pandangan mampu menhindari kekecewaan dalam hati dan menenangkan hati (sumber:Addwaa.com)

Assalamualaikum sahabat Addawaa Indonesia semuanya, gimana kabarnya sahabat? Semoga sehat selalu dan jangan lupa untuk menjaga Kesehatan untuk menyambut bulan yang mulia ,  bulan yang dinantikan umat islam. Ketika menyambut bulan Ramadhan kita mempersiapkan baik fisik maupun mental yang kuat untuk menjalani bulan tersebut, dengan menjauhi maksiat dan menambah keimanan kita semua.

Pandangan merupakan pemandu dan utusan syahwat. Menjaga pandangan merupakan tindakan utama dalam menjaga kemaluan. Barang siapa yang mengumbar pandanganya maka dia menjerumuskan dirinya sendiri kedalam jurang kebinasaan.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"janganlah kalian mengikutkan pandanganmu dengan pandangan yang lain. Sebab, hanya pandangan  pertama saja yang diperbolehkan bagimu tidak untuk pandangan berikutnya." (HR.Abu Dawud)

Pandangan yang merupakan pangkal dari segala bencana yang menimpa manusia. Sebab, pandangan dapat menyebebkan getaran hati, dengan angan-angan yang membangkitkan syahwat dan keinginan semakin kuat dan akhirnya menjadi kebulatan tekat, sehingga terjadi perbuatan itu secara pasti, selama tidak ada penghalang yang menghalanginya.

Di antara bencana yang ditimbulkan pandangan adalah penyesalan, malapetaka dan sakithati. Tatkala seseorang yang melihat sesuatu yang ia tidak mampu melihatnya, juga tidak mampu untuk bersabar atasnya, sesungguhnya hal ini merupakan ujian yang pedih.

Barang siapa yang mengumbar pandanganyamaka panjanglah penyesalanya. Didalam menundukkan pandangan terdapat banayka manfaat. Sekaligus menjadi metode terapi pengobatan penyakit pandangan, karena pandangan merupakan salah satu pintu grbang kemaksiatan.

Berikut adalah manfaat dari menundukkan pandangan menurut islam

  • Menundukkan Pandngan Adalah Merupakan Wujud Pelaksanaan perintah Allah.

Ia merupakan kebahagiaan seorang hamba, baik dari kehidupan dunia atau kehidupan Akhiratnya. Tidak ada yang lebih manfaat bagi seorang hamba selain melaksanakan perintah-perintah Rabbnya Tabaraka wa Ta'ala. Tidaklah terdapat seorang hamba yang berbahagia, melainkan dikarenakan tekun melaksanakan perintah-perintahnya.

  • Menundukkan pandangan mencegah sampainya pengaruh anak panah beracun yang dilepaskan iblis ke hati, yang dapat membinasakanya.
  • Menundukkan Padangan Menentramkan hati.

Sekaligus memusatkan hati dan mendekatkannya kepada Allah. Sebaliknya, mengumbar pandangan akan menceraiberaikan hati serta menjauhkan dari Allah. Tidak ada yang lebih membahayakan hati selain mengumbar pandangan, karena ia akan membaut hampa di antara seorang hamba dan Rabbnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline