Lihat ke Halaman Asli

Mediaaddawaa

Official Account Addawaa Indonesia

Dampak Maksiat ketika di Dunia dan Akhirat

Diperbarui: 7 Maret 2023   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Assalamualaikum Sahabat Addawaa sekalia gimana kabarnya? semoga selalu dalam keadaan sehat sehingga ibadah yang kita lakuka terasa lebih khusyuk dan nyaman, karena segala sesuatu yang kita niatkan karena Allah Akan bernilain sebagai ibadah dan mendapat ganjara berupa pahala.

Sahabat Addawaa yang diberkahi Allah Ta'ala, mari kita membahas tentang obat dari penyakit yang berkesinambungan dengan kehidupa duia dan ahkirat seorang hamba, kami kutip dari buku yang di karang oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah pentahqiq: Syaikh 'Ali Hasan bin 'Ali al-Halabi al-Atsari. Perkara yang seharusnya di ketahui oleh seseorang bahwa dosa dan kemaksiatan pasti menimbulkan mudharat (kerugian), tidak mugki tidak. Mudharat bagi hati sebagaimana yang menimbulka racun bagi tubuh, yaitu memiliki tingkatan beragam. Adakah kehinaan serta penyakit di dunia dan di Akhirat yang tidak disebabkan oleh dosa dan maksiat?

Bukankah dosa dan maksiat yang menyebabkan nabi Adam AS dan istrinya Hawa, di keluarkan dari surga, yang penuh dengan kelezatan, kenikmatan dan keindahan. Bukankah karena dosa dan maksiat yang membuat terusir dan terlaknatnya Iblis dari kerajaan langit.

Banyak sekali kisah-kisah yang terdapat dalam Al Qur'an dan dalam hadist yang menceritakan tentang binasahnya suatu kaum dikarenakan perbuatannya. Dari sekian banyaknya kisah-kisah bisa mejadi pelajaran bagi kaum besudahnya bahwa dosa yang dilakuka akan berdampak negative bagi seorang hamba.

Ali bin Ja'd menuturkan; kami beri tahukan kepada Syu'bah, dari Amr bin Murrah, dia berkata; "aku medengar Abdul Bukhturi berkata, " aku diberitahu oleh salah seorang yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW, bahwasanya beliau bersabda: "Manusia tidak akan binasah hinga diri mereka banyak melakukan dosa."

Ketika seorang hamba melakuka dosa diibaratka seperti bercak hitam yang ada di dada seorag hamba, semakin banyak melakuka dosa semakin banyak bercak hitam di hati seorag hamba. Apabila ia bertaubat menigalka dosa tersebut, maka akan mengkilap Kembali.

Abdullah bin Ahmad menjelaska dalam az Zuhd, karya ayahnya, dari Muhammad bin Siri; bahwasanya ketika dililit hutang beliau merasa gundah lalu berkata: "Aku benar-benar yakin bahwa kegundahan ini disebabka sesuatu dosa yang kulakukan empat puluh tahun silam."

Disini mendapat poin penting terhadap perkara dosa yang salah di fahami oleh orang-orang, terkadang orang tidak mengerti dampak dari dosa tersebut secara langsung, namun akan datang di kemudian hari, walaupun itu sudah dilupakan.

Dampak-Dampak Buruk Maksiat.

Maksiat memiliki dampak yang buruk, tercela, serta membahayakan hati dan badan, di dunia maupun di akhirat, yang jumlanya tidak di ketahui secara pasti kecuali oleh Allah semata. Diantara dampak kemaksiatan sebagai berikut.

  • Maksiat menghalangi masuknya ilmu.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline