Pengertian Kualitas
Kualitas atau mutu adalah ukuran tingkat kesesuaian barang atau jasa dengan standar atau spesifikasi yang telah ditentukan atau ditetapkan.
Secara konvensional, kualitas merupakan karakteristik barang atau layanan berupa keandalan, kemudahan dalam penggunaan, kemudahan dalam perawatan, keindahan, dan sebagainya. Menurut Jay Heizer dan Barry Render (2016:244), kualitas didefinisikan sebagai kemampuan barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
Pengendalian Mutu Statistik
Kendali proses statistik (statistical process control - SPC) adalah sebuah metode untuk mengontrol dan meningkatkan kualitas produk atau proses dengan menggunakan metode/alat bantu statistik.
Tujuan utama dari SPC adalah untuk memastikan bahwa proses produksi atau bisnis tetap berada dalam batas-batas kendali yang dapat diterima secara statistik, sehingga menghasilkan produk atau layanan yang konsisten dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.
Kendali proses statistik ditemukan oleh Walter Andrew Shewhart ketika bekerja di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1920-an yang kemudian dikembangkan oleh Dr. William Edwards Deming dan diperkenalkan kepada industri di Jepang setelah Perang Dunia II. Fungsi utama dari SPC ini adalah untuk memastikan bahwa segala proses produksi atau jasa memenuhi standar yang ditentukan.
Alat-alat Pengendalian Kualitas
Terdapat tujuh alat (7 tools) yang biasa digunakan dalam pengendalian kualitas diantaranya:
- Checksheet
Checksheet atau lembar periksa merupakan salahsatu dari tujuh alat pengendalian kualitas yang berbentuk formulir untuk mencatat data yang diperlukan. Checksheet digunakan untuk mengetahui bagaimana masalah terjadi secara ber-urutan.
- Scatter Diagram
Diagram ini menjelaskan adanya hubungan antara dua variabel dan menunjukan keeratan hubungan tersebut. Penggunaan diagram pencar untuk memperlihatkan hubungan antara pasangan variabel.
- Fishbone Diagram