Lihat ke Halaman Asli

Adam Rahman

Mahasiswa universitas pelita bangsa

Membina Akhlak Mulia dengan Adanya Akhlak terhadap Kedua Orang Tua

Diperbarui: 13 Juli 2024   00:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Keutamaan dari berbuat baik terhadap kedua orang tua terbagi menjadi 5 yaitu:

1.Merupakan amalan yang paling mulia .

Telah dijelaskan dalam hadits dari Abdullah Bin Mas'ud mudah-mudahan allah meridhoinya beliau berkata: saya bertanya terhadap Rasulullah SAW, Apakah amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT ? Rasulullah SAW menjawab : `Sholat pada waktunya' saya bertanya kemudian apalagi ? Rasulullah SAW menjawab : `Berbuat baik terhadap orang tua' ,kemudian saya menanyakan yang ketiga, lalu apalagi ya Rasulullah ? Beliau menjawab `Berjihad dijalan Allah SWT.

2.Merupakan salah satu sebab diampunnya dosa

Dalam surat al-ahqaf ayat 16 Allah mengatakan : Dan kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik terhadap kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah ,dan melahirkannya dengan susah payah juga. Masa mengandung sampai menyampihnya selama tiga puluh bulan,ssehingga apabila dia ( anak itu ) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa "Ya tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-mu yang telah engkau limpahkan kepadaku dan kepada orang tuak, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang engkau ridhoi, dan berikanlah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucukku. Sungguh, aku bertaubat kepada engkau, dan sungguh aku, termasuk orang muslim."

3.Sebab masuknya seseorang ke syurga

Dari muawiyah bin jahimah mudah-mudahan Allah SWT meridhoi mereka berdua, dia berkata kepada Rasulullah SAW: " Wahai rasulullah, saya ingin berangkat kemedan perang, dan datang kesini untuk meminta nasehat kepadamu. Maka Rasulullah SAW bersabda. "apakah kamu memiliki ibu?" maka dia menjawab iya saya masih memiliki ibu. Maka Rasulullah bersabda; "tetaplah dengannya karna sesungguhnya syurga itu dibawah telapak kakinya." (Hadits Hasan diriwayatkan oleh Nasa'I dalam sunnahnya dan Ahmad dalam Musnatnya.)

4.Merupakan keridhoan Allah

Sebagaimana hadits-hadts yang lalu " keridhoan allah tergantung keridhoan orangtua dan kemurkaan allah tergantung kemurkaan orangtua." Dan allah juga sangat membenci orang yang slalu membuat orangtua marah, sakit hati dan lain-lainnya.

5.Bertambahnya umur dan rezeki

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa silaturahmi dapat memperluas rezeki dan memanjangkan umur seseorang. Oleh karna itu silaturahmi yang paling utama adalah silaturahmi dengan orangtua dan senantiasa berbuat baik terhadap meraka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline