Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 30 Gelombang 2 PMM UMM Kembangkan Media Tanam Hidroponik di Desa Tegalgondo

Diperbarui: 3 Maret 2024   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi media tanam Hidroponik kepada warga Desa Tegal Gondo. Sumber: Dokumen Pribadi.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa atau biasa disebut PMM adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh DPPM UMM saat menjelang libur semester. Salah satu kegiatan PMM adalah PMM Bhaktiku Negeri yang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan. Kegiatan PMM ini bertujuan memberikan manfaat kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan UMM ataupun sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan kegiatan pengabdian oleh mahasiswa.

Kelompok kami yakni Kelompok 30 Gelombang 02 dengan DPL Nu'man Aunuh, S.H., M.Hum melaksanakan kegiatan di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Kegiatan PMM kami dilaksanakan di Taman Baca Kaliporong Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang selama 2 (dua) minggu. Kelompok kami mensosialisasikan mengenai media tanam hidroponik kepada warga Desa dan juga sekaligus mengembangkan media tanam hidroponik tersebut. 

Kegiatan kami disambut sangat baik oleh warga desa dan warga desa sangat antusias untik mengikuti rangkaian kegiatan kelompok kami. Pada minggu pertama kami mulai mensosialisasikan apa itu hidroponik dan kami juga mengajarkan kepada warga bagaimana cara menanam tanaman menggunakan metode hidroponik. Warga sangat antusias ketika kami memberikan bibit - bibit sayuran untuk di tanam.

Kegiatan Kerjabakti di Taman Baca Kaliporong, Desa Tegalgondo. Sumber: Dokumen Pribadi.

Pada minggu kedua kami menanam hidropnik di daerah taman baca diselingkan dengan kegiatan kerjabakti dan menata taman baca agar anak - anak semakin tertarik untuk datang. Kam juga sempat berfoto bersama dengan sekertaris desa pada kegiatan penutupan kegiatan PMM kami di Kantor Desa Tegalgondo.

Kegiatan Penutupan di Kantor Desa Tegalgondo bersama Sekretaris Jendral Desa Tegalgondo. Sumber: Dokumen Pribadi

umm.ac.id dppm.umm.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline