Lihat ke Halaman Asli

Kenapa Harus Kuliah? (Jika Tanpa Kuliah Bisa Sukses?)

Diperbarui: 3 Agustus 2018   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kuliah

Sebenarnya tulisan ini jawaban saya ke salah satu user Facebook yang  bertanya di salah satu group bahasa pemrograman. Intinya Dia bertanya  dimakah universitas terbaik untuk belajar bahasa pemrograman tersebut.

Eh eh saya agak terkejut sih karena hampir semua yang disana tidak  menganjurkan untuk kuliah. Entah lah, mungkin pada dasarnya temen-temen  yang memberikan komentar adalah mereka yang sudah expert pemrograman  tanpa kuliah, mugkin. Sehingga mereka lebih merekomendasikan untuk  belajar otodidak alias belajar dari gugel aja atau yutub. Waduh,  ini penyesatan pola fikir. Akhirnya saya mencoba untuk sedikit  memberikan jawaban kepada user tersebut. Sedikit banyak ini yang bisa  saya jawab.

Ibarat membuat sebuah bangunan. kalo tukang bangunan biasa okelah  bisa membuat sebuah rumah. Tapi kalo cuman tukang biasa, bisakah disuruh  untuk membuat sebuah apartemen 50 tingkat,? Dengan sistem dan teknologi  yang lengkap?

Sama dengan pemrograman. Oke lah bisa membuat atau jadi programmer  handal dengan belajar dari google dan youtube atau sebagainya. Tapi gan  itu butuh waktu yg lebih banyak dan effort yg lebih besar dan hanya  dapat kulitnya. Dan apakah bisa membuat sebuah program atau aplikasi  setingkat perusahaan yang sangat kompleks dengan tenologi yang lengkap  dan ribuan baris koding?

Realistis! Di universitas kita diajari banyak hal dan kita juga bisa belajar sendiri.

Kenapa harus kuliah? karena dikuliah apalgi di universitas bagus,  Kita tak hanya belajar dari google. disana literatur lengkap, bisa  mengakses banyak jurnal2 secara gratis, buku-buku teori pemrograman  lengkap. Dan pengalaman yang diberikan dikuliah tak pernah kita dapatkan  diluar kuliah, karena kuliah juga memberikan kita pola fikir yang  berbeda.

Masalah kuliah IT. Sama dengan kuliah jurusan bahasa. semua orang  bisa menulis dan membaca, atau semua orang bisa aja ngoding, tapi kuliah  kita diajari bagaimana membaca yang baik dan benar atau bagaimana  membuat program yang baik dan benar. Bahkan cara problem solving dan  algoritma pun diajari. Okelah kita bisa ngoding sampe 1000 baris, terus  bagaimana jika kodingan itu 10000 baris. bagaimana maintenance nanti?  bagaimana jika mau upgrade? terus gmana caranya memperbaiki 10000  halaman? di Google? cuman ada kulit ilmunya.

Kuliah IT. Kompleks. kita tak hanya diajari ngoding, tapi juga  jaringan, tapi juga maintenance tapi juga manajemen proyeknya, tapi juga  segala hal yang takkan pernah kita dapatkan di google.

Kuliahlah.. Zaman sudah berubah, keadaan sudah berganti, persaingan  semakin ketat, banyak hal yang akan kita temukan di bangku kuliah.

Tulisan ini juga sayang layangkan di Blog
https://biematas.wordpress.com/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline