Lihat ke Halaman Asli

Adam Cahyo Ningrat

Mahasiswa dan pembengong handal.

Tugas Menulis 2: Teks Deskripsi Impresionistis

Diperbarui: 15 Maret 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Gajah adalah hewan yang tidak asing lagi buat kita. Dengan ciri-ciri badannya yang besar saja kita dapat langsung menebak bahwa itu adalah gajah. Gajah memang memiliki tubuh yang besar, bahkan menjadi hewan darat terbesar di bumi. karena badannya yang besar ini, gajah sangat mudah untuk membelah jalan. Jalan yang sudah dibelah oleh gajah ini pun biasanya dilewati oleh hewan-hewan lainnya. 

Selain badannya yang besar, hal yang unik lainnya dari gajah adalah belalainya. Belalainya ini berfungsi untuk memudahkan mereka mengambil makanan dan menyedot air untuk minum. Selain tubuh dan belalainya, gajah juga memiliki keunikan yang lain, yaitu memiliki kulit yang sangat keras dan berkeriput. Kulitnya yang keras dan berkeriput ini berfungsi untuk membantu mereka dalam beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Tetapi, walaupun kulit bagian luarnya keras, kulit bagian dalam gajah ternyata sangat lunak. Bahkan seekor semut yang menggigit kulit bagian dalamnya bisa membuat gajah lumpuh dalam waktu seketika. 

Hal menarik dari gajah selanjutnya adalah gajah memiliki telinga yang sangat besar. Akibat ukuran telinga yang sangat besar, gajah memiliki pendengaran yang sangat tajam. Telinganya ini dapat sangat membantu mereka mendeteksi atau mengetahui ancaman dari para predatornya, walaupun dengan radius yang sengat jauh.

Selain itu, gajah juga memiliki otak yang sangat besar. bahkan seekor gajah dewasa dapat memiliki otak seberat 5,4 kg. Dengan otak seberat ini, mereka mempunyai daya ingat yang bagus bahkan tergolong sebagai hewan yang cerdas dan pintar. Seekor gajah dapat mengingat manusia meskipun sudah bertahun-tahun tidak berjumpa.

Selain beberapa hal diatas, ada hal yang lumayan menarik lainnya tentang gajah adalah seekor gajah betina dapat mengandung selama hampir 2 tahun, tepatnya 22 bulan. Lalu sekelompok kawanan gajah ternyata dipimpin oleh seekor gajah betina. Tetapi tidak sembarang gajah betina yang bisa menjadi pemimpin. Biasanya gajah yang memiliki umur yang paling tua didalam suatu kawanan gajah tersebut yang bisa menjadi pemimpin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline