Lihat ke Halaman Asli

Ruang Lingkup Dakwah dalam Retorika

Diperbarui: 13 Juni 2024   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ruang lingkup dakwah mencakup beberapa aspek, yaitu:

Definisi Dakwah: Dakwah adalah panggilan, seruan, atau ajakan untuk berbuat kebaikan dan mengikuti petunjuk Tuhan. Dakwah Islam memiliki beberapa definisi, seperti upaya mengajak umat dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan di dunia dan akhirat.

Bentuk-Bentuk Dakwah: Dakwah terbagi menjadi tiga bentuk, yakni dakwah bil lisan (dengan lisan), dakwah bil hal (dengan aksi), dan dakwah bil qalam (dengan tulisan).

Unsur-Unsur Dakwah: Dakwah memiliki enam unsur, yaitu dai (penyampai dakwah), mad'u (objek dakwah), materi dakwah (maddah), media dakwah, metode dakwah, dan efek dakwah.

Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Dakwah: Dakwah memerlukan pendekatan yang tepat, strategi yang efektif, metode yang sesuai, dan teknik yang jelas untuk mencapai tujuan dakwah.

Sasaran Dakwah: Sasaran dakwah adalah umat manusia, yang memiliki berbagai latar belakang, sifat, dan budaya.

Faktor-Faktor Keberhasilan Dakwah: Faktor-faktor keberhasilan dakwah meliputi pemanfaatan teknologi, keakuratan memilih pendekatan, strategi, dan metode dakwah, serta pengembangan bahasa retorika dakwah.

Hubungan Dakwah dengan Ilmu-Ilmu Lain: Dakwah memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu lain yang serumpun, seperti sosiologi, antropologi, psikologi, politik, dan ilmu retorika

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline