Lihat ke Halaman Asli

Ini Trik Marketing "Online Shop" supaya Laris

Diperbarui: 9 Maret 2018   21:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber ilustrasi: Shutterstock

Online shop (olshop) makin marak, persaingan makin ketat. Seolah semua pingin jualan online. Jualan online memang banyak kemudahannya. Ada yang karena melihat peluang bahwa olshop itu bisa dengan modal sekecil-kecilnya, bahkan ada yang hanya modal update status saja, jadi dropshipper, sudah bisa berjualan.

Saya sendiri mulai jualan produk secara online sejak 2008. Saat itu media-ya masih sedikit, era Friendster. Facebook baru masuk awal-awal 2009. Saat itu pula pola komunikasi terbangun melalui email, Dan komunikasi dalam komunitas menggunakan mailing list.

Berkembang, media jadi banyak banget. Saking banyaknya saya mengelompokkan menjadi 3 media:

  1. Website/blog/marketplace
  2. Sosial media: FB, IG, Path, Twitter
  3. Sosial chat: WA, BBM, LINE, Telegram

Kemudian saya mengamati mereka-mereka yang sukses berjualan online. Kesimpulannya, UKM Indonesia hebat-hebat, Jago internet marketing. Mereka yang hebat ini punya satu kesamaan: konsisten

Ada yang konsisten pakai Facebook, tidak pakai media yang lain, sukses. Ada yang dari awal jualan mengandalkan website, jarang bersosmed, bisa sukses juga. Ada yang kekinian, jualan via Instagram, nggak Facebook-an, sukses juga. 

Kuncinya: konsisten

Sampai di sini ada pertanyaan? Kalau tidak kita lanjutkan. Tapi intisari dari kunci sukses olshop supaya laris jualan sudah kita dapatkan ya, yakni Konsistensi.

Nah, kalau saya, hal apa yang saya konsisten melakukannya atau menerapkannya dari awal jualan online hingga sekarang?

POSKAMLINK

POSting, KoMentar, dan ngeLiNK

adaideaja.com

POSTING
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline