Lihat ke Halaman Asli

Adik dan Kakak Tidak lebih dari itu

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Randi anak yang baru  naik kelas xI ini, termasuk anak yang tidak terlalu pendiam tidak pula terlalu eksis dan polupler  di kelas maupun diskolahnya, namun ia cukup menjadi perhatian cewe-cewe di sekolahannya. Tetapi ketika masuk pertengahan semester pertama dia mengikuti salah satu program pelatihan keagamaan, sekaligus acara dari sekola, disanalah dia dekat dengan ade kelasnya yang bernama cika nama lenkapnya sih Jessica, namun sebenarnya sebelum dia dekat dengan cika doi juga sudah dekat terlebih dulu dengan cewe lain yang sering ia sebut sebagai ade, namanya Dara kelas X  Bahasa , dara pun sebenarnya mengikuti acara tersebut karena memang di peruntukan kelas X dan XI. Dan sebelum Randi dan Dara mengikuti pelatihan tersebut mereka sempat berdiskusi. Setelah mereka keluar kelas bertemulah mereka di kantin dimana mereka bertemu, setelah beberapa menit randi menunggu.

“ hey… de ”. sapa Randy ketika melihat Dara

“Kaka udah datang, udah lama nunggu ??”jawab Dara senyum

“ hemmmm,,,,, udah lamaaaaaaa banget si kamu de”. Randy manyun

“ halah boong, orang kelasnya juga baru keluar!!!”

“heheh, ketauan juga… oh iya sebernya kk mau ngajakin kamu buat ikutan acara sekolah itu yang  pelatihan keagamaan itu, kamu ikut ya…… kan lumayan juga twuh de buat pengalaman dan menambah wawasan…… ya engga..” Randy pasang muka melas, sambil nyengir.

“hhhmmmm,, gimana yah kak ??” Sisi pura-pura bingung

“ayolah de, kan seru tuh de” sekali lagi Randy memperlihatkan muka melasnya.

boleh deh… aku ikut tapi barengan kakak kan??…” jawab Dara sambil mengeluarkan senyum manisnya.

“ Naaaah.. gitu dong de..oke..oke” Randy semangat.

Hari sudah sore  mereka pun bergegas pulang kerumah masing-masing dengan kendaraannya masing-masing dan kembali pada orang tua masing-masing. Dan sampailah akhirnya mereka pada acara tersebut yang diadakan oleh sekolahannya itu namun ketika selesainya acara pelatihan itu, Randy mulai dekat dengan Cika yang masih teman Dara bahkan se “geng”,  sejak saat itu kedekatan antara Randy dengan Dara mulai sedikit renggang walaupun masih ada komunikasi antara mereka berdua.

Dua minggu setelah Randy dan Cika kenal dekat, tanpa di duga dan disangka oleh Randy  Cika yang nembak Randy, dan karena memang Randy juga mulai ngerasa klop dengan Cika mereka pun jadian, walau sebenarnya Randy bimbang dengan keputusan  tersebut. karena sebenarnya dia cinta dan sayang sama Dara, sayangnya dara tidak mengerti akan itu semua karena yang dara tau Randy sayang sama dia hanya sebagaimana kakak sayang sama adiknya tidak lebih dari itu.  Randy berusaha menyembunyikan hubungannya dengan Cika dari Dara, dia gak mau dara tau dulu  tentang hubungannya dengan Cika karena dia takut kehilangan dara.

*Suatu hari di depan rumah randy…

“Kak!!!  ciye… si kakak jahat…..” Ucap Dara menggoda sambil sedikit senyum, dengan mata berkaca2

Randy  serentak heran, dan mengerutkan kening  “ jahat??? Jahat gimana ade ???”

“ ialah, jahat…. Masa ia kakak’y udah jadian adenya gak dikasih tau, itu kurang jahat gimana coba??” Dara berusaha menyembunyikan persaannya sambil tertawa

Randy tambah kaget “ ooh, it…itu???” Randy terbata-bata, ternyata gagal menyembunyikannya.

“iya tadinya mau kakak kasih tau kamu, tapi belum sempet…. Hehehe, jangan marah adek ku” Randy sedikit nyengir dan ngerasa gak enak sama Dara, namun dia berusaha terus berusaha mencairkan suasana.

ya udah deh..ade pulang dulu gih, mama kamu udah manggil-manggi tuh l” Randy berusaha mengalihkan pembicaraan

“ Mana????”

“noooh…. Lewat hendpond . hahahaha” jawab Randy sambil memperlihatkan layar hp Dara yang dipegangi olehnya.

kakaaak.. kirain dimana..” teriak Dara. sambil memukul bahu Randy.
“Ya udah aku pulang yah kak ” sambung Dara sambil salaman untuk menghormati kakaknya itu.

*mereka berpisah dengan meninggalkan beberapa hal yang terasa mengganjal di hati mereka masing2*

Di jalan Dara masih terus memikirkan tentang hubungan Randy dan Cika kerena sesungguhnya Dara juga mempunyai rasa  yang terpendam dalam dirinya untuk Randy yang juga kakak disekolahannya itu,, dan perasaan yang sebenarnya  juga ia hampir meneteskan air mata. Dalam hatinya seraya berkata

“ dara kamu itu kenpa??? Harusnya kamu ikut seneng ka Randy udah jadian sama Cika kok malah kaya gini sih” iaterusmenghiburdirinyasendiri.

Sementara Randy tidak terlalu memikirkan Dara, baru satu bulan jadian, dia mulai sibuk dengan Cika, Cika minta perhatian terus, Cika mulai menghalang-halangi dirinya dekat dengan Dara karena cika cemburu pada Dara. Cika bikin gara-gara terus dan teus, dan Randy mula-mula mengikuti apa maunya Cika. Cika minta perhatian sesibuk apapun Randy, dia kasih perhatian ke Cika, Cika ingin Randy menjauh dari Dara, Randy jabanin juga meski menurutnya sangat berat dilakukan. Padaha Cika tau Dara sangat sayang sama Randy, dan Randy sebagai kakak dan pacar yang baik dia berusaha adil, dia menemui Dara dan memberikan perhatiannya sebagai kakak ke Dara di belakang Cika, Tetapi suatu saat ketika Dara sakit dan Randy mengantarnya kerumah sakit tiba-tiba Cika melihat  Randy sama Dara boncengan, hingga pada akhirnya menimbulkan malapetaka dan jadi masalah besar, Cika begitu marah besar ke Randy padahal dia tahu bahwa Dara adik angkat Randy dan dia sedang sakit.

*Dilain waktu ketika Randy memeberikan penjelaan pada Cika

“Kenapa kamu Cik, muka kamu ditekuk gitu???” Tanya Randy dengan hati-hati

“ Ran, kenapasih kamu masih aja lengket samat uanak, kan aku udah bilang kamu itu jangan deket-deket sama dia, karena ku gak suka ngeliat kamu sama Dara” sentak Cika penuh amarah

okey..okey aku ngaku salah Cik, tapi kamu harus tau kalau dia lagi sakit.  Dan aku minta maaf sama kamu..maaf banget aku tidak izin sama kamu, kemaren tuh aku Cuma nganterin dia kedokter ” jelas Randy

“Tapi kan, gak harus kamu juga yang nganter dia, masih ada keluarganya,,,ibunya, bapaknya,!!!”

“ iya…… tapi orang tua Dara sedang tidak ada dirumah, mereka lagi diluar kota, dan orang tuanya menitipkan ke aku, diasendirian!!!!Kamu mau dingertiin orang tapi kamu gak bisa ngertiin orang lain…ngertiin akujuga dong Cik Dara sedang sakit, bukanya Dara itu temen kamu juga”. ucap Randy

“ halah itu,,,, alasan kamu aja biar bisa deket sama Dara kan??”

“TERSERAH…kamu Cik, aku cape sama kamu, kamu gak pernah mau mencoba ngertiin keadaan aku. deket sama ini gak boleh,  itu gak boleh….. segalanya gakboleh” bentak Randy dan meninggalkan Cika sendiri.

*seminggu kemudian setelah  Kejadian

Stelah menyadari kesalahannya Cika terus minta maaf terhadap Randy minta maaf hingga  akhirnya Randy memaafkannya,  hubungan mereka sudah baik, namun setelah kejadian itu Randy ngerasa  cape dengan sikap Cika yang terlalu mengekangnya, ketika Cika ulang tahun dan seharusnya dia mendapat kebahagiaan yang lebih di hari itu dari Randy, dia malah mendapatkan kado terperih dari Randy.

Randy mengambil keputusan menakhiri hubungannya dengan Cika pada hari ulang tahun Cika. Cika ngerasa sangat terpukul dengan keputusan Randy yang terkesan tiba-tiba dan tidak berpikir panjang, tetapi menrut Randy sudah menjadi keputusannya yag tidak bisa ti ganggu gugat, dia tidak mau ada orang yang terlalu memaksanya untuk jauh dari Dara.

Tiga hari setelah Randy memutuskan hubungannya dengan Cika, Randy mendapat kabar bahwa Dara sedang menjalin hubungan sama Naga yang juga teman sekelas Dara, secara otomatis hati Randy hancur begitusaja, namun dia tetap harus kuat dan harus ikut bahagia karena bagaimanapun keadaannya dan situasinya Dara tetap seorang adik bagi Randy dan Randy seorang kakak bagi Dara di sekolahnya, sekuat apapun perasaan cinta dan sayang mereka tidak akan pernah ada yang menyadarinya jika mereka tidak pernah mengungkapkannya. Dan Kenyataannya ketika Dara jadian dengan Naga dia belum mengetahui bahwa Randy telah mengakhiri hubungannya dengan Cika.
Dari sanalah Randy dan juga Dara menyadari bahwa hubungan mereka tidak akan pernah bisa berubah menjadi Status hubungan "Pacaran" karena mereka di takdirkan untuk menjadi soulmate hubungan kasih sayang antara adik dan kakak.

*Enjoyed  Reading With My work




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline