Lihat ke Halaman Asli

Achmad Syahbana Wahyudi

Mahasiswa Sosiologi FIS UNJ

Upaya Pemerintah dalam Menangani Kekerasan Verbal yang Dilakukan oleh Para Remaja di Era Digital

Diperbarui: 25 Maret 2023   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: 

Freepik

Kekerasan Verbal

Seperti yang diketahui bahwa kekerasan adalah suatu tindakan yang ditujukan kepada orang lain tidak hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga dalam bentuk verbal. Kekerasan biasanya dilakukan dengan sengaja untuk mencelakakan, mengintimidasi, dan menyakiti orang lain baik secara langsung atau tidak langsung. Kekerasan dalam bentuk verbal atau sering dikenal dengan kekerasan emosional merupakan sikap atau perilaku yang terjadi di antara lingkungan sosial yang dapat melibatkan perasaan membahayakan bagi diri seseorang untuk melakukannya (Nindya dan Margaretha, 2012: 2). Kekerasan verbal tentunya dapat mengganggu perkembangan sosial dan menghambat perkembangan karakter. Kekerasan verbal digunakan sebagai alat untuk menyakiti orang lain dengan penyalahgunaan bahasa, tanpa tahu bagaimana fungsi bahasa yang baik dan santun.

Selain itu kekerasan verbal (verbal abuse) bisa juga dikatakan sebagai pemerasan emosional (emotional abuse blackmail) merupakan suatu bentuk manipulasi langsung atau tidak langsung, di mana orang yang melakukan kekerasan akan mengancam dan menghukum korban bila apa yang dia inginkan tidak dilakukan (Forward via Paramita, 2012: 255). Adapun More dan Fine dikutip Lili via Nisa dan Wahid, (2014: 90) mendefinisikan agresi sebagai tingkah laku kekerasan secara fisik seperti memukul ataupun secara verbal berupa penggunaan kata-kata kasar terhadap orang lain. Kekeran verbal dalam komunikasi dimaknai sebagai bentuk kekerasan yang halus (Rasyid via Nisa dan Wahid, 2014: 90). Kekerasan ini tidak akan menimbulkan secara langsung, tetapi dampaknya dapat membuat orang lain putus asa apabila dilakukan secara ulang. Selain itu, I. Praptama Bariyadi memberikan pendapat bahwa kekerasan verbal merupakan wujud dalam tindak tutur (Nisa dan Wahid, 2014: 90). Tindak tutur tersebut tidak hanya dilakukan dengan cara memaki, memarahi, ataupun berkata kasar, tetapi perlu diketahui bahwa sikap pengabaian atau quit abuse bisa dikatakan juga sebagai kekerasan verbal karena mengalami gangguan konsep diri dan merasa dirinya tidak berharga sehingga mencari perhatian.

Dengan demikian, kekerasan verbal merupakan bentuk kekerasan psikologis yang menggunakan bahasa verbal sebagai alat melindungi diri atau melampiaskan dari tindakan yang pernah dialaminya, kekerasan verbal juga sebagai bentuk tindakan sengaja (keisengan atau guyonan), dan kekerasan verbal sebagai bentuk kejahatan mental atau moral yang dilakukan oleh setiap individu yang mendatangkan tindakan-tindakan kriminal. Hal tersebut juga sangat berdampak negatif, karena akan membuat orang lain tidak peka, mengganggu perkembangan emosi, dan menghilangkan kepercayaan diri yang menjadi penyebab bunuh diri, serta menyebabkan ingatan berkurang.

Konsep Masalah Kesejahteraan Sosial

Masalah kesejahteraan sosial ialah merupakan setiap individu maupun kelompok serta masyarakat pasti akan dihadapkan pada situasi dan kondisi permasalahan kesejahteraan sosial pada masyarakatnya. Pada hakikatnya masalah kesejahteraan sosial timbul dari terpenuhi atau tidaknya kebutuhan sosial manusia. Masalah kesejahteraan sosial ada yang secara nyata berpangkal pada hambatan-hambatan dalam pemenuhan kebutuhan, ada juga yang timbul dan berkembang sebagai pengaruh dari perubahan sosial, ekonomi serta penggunaan ilmu dan teknologi di dalam kehidupan manusia dan juga sering tidak dapat atau sukar diperkirakan sebelumnya seperti bencana alam. Masalah kesejahteraan sosial merupakan rantai- rantai di dalam suatu fenomena sosial yang ada di setiap masyarakat maupun negara.

Sebab terjadi tindakan kekerasan verbal karena biasanya muncul karena adanya masalah kesejahteraan sosial yang dimiliki oleh para pelaku terkadang lingkungan keluarga merupakan faktor utama terjadinya awal mula tindakan kekerasan verbal dimulai biasanya dari ayah atau ibu yang menggunakan kata-kata merendahkan seperti menggunakan bahasa binatang ataupun bahasa yang tidak senonoh sehingga dipikiran sang anak itu dianggap biasa saja padahal tindakan yang tidak baik. Kemudian, tidak hanya itu hal itu pun juga bisa didapatkan adanya factor pergaulan sang anak yang tidak sehat dan terkadang mereka ikut-ikutan sehingga terjerumus ke hal yang tidak baik

Sumber

: Freepik

Perspektif dalam Masalah Kesejahteraan Sosial

Perspektif Residual melihat bahwa masalah kesejahteraan sosial disebabkan oleh kesalahan-kesalahan individu dan karenanya menjadi tanggung jawab dirinya dan bukan sistem sosial atau lembaga sosial bahkan negara. Pendekatan residual berprinsip bahwa pelayanan atau bantuan sosial tidak akan disediakan sampai ada individu atau kelompok yang tidak terlayani oleh lembaga lain. Pada intinya, perspektif atau pendekatan residual fokus pada masalah dan kesenjangan. Layanan diberikan ketika orang tidak mampu memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalahnya. Karena pendekatan ini bercirikan blaming the victim, ketidakmampuan itu dianggap sebagai kesalahannya sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline