Lihat ke Halaman Asli

Ketahui Faktor Penyebab Flek Paru Paru

Diperbarui: 28 Februari 2017   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Flek paru paru ini disebabkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis. Penyakit flek paru paru sangat mudah menular, cara penularan nya pun bisa lewat udara dari percikan ludah seperti batuk, berbicara, bersih, bernyanyi, bahkan sampai tertawa pun bisa jadi penyebabnya.

Berdasarkan apa yang disebutkan di dalam artikel kesehatan yang membahas tentang flek paru paru, ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit ini, yang diantaranya adalah :

Daya Tahan Tubuh Lemah

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah atau sistem imun di dalam tubuhnya sangat lemah, maka akan sangat mudah terkena infeksi bakteri penyebab flek paru paru. Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah ini diantaranya adalah anak-anak, lansia, dan wanita hamil.

Daerah Tinggi Potensi Penularan

Beberapa negara yang memiliki daratan luar seperti Afrika, India, Pakistan, Rusia, Cina, dan beberapa negara lainnya, merupakan daerah yang tinggi potensi penularan penyakitnya. Daerah tersebut tentu memiliki jumlah penduduk yang banyak, dan tentu saja jumlah orang asing yang berdatangan dari daerah lain pun ada banyak, maka ada kemungkinan penularan suatu penyakit akan sering terjadi pada wilayah negara yang memiliki daratan luas dan jumlah penduduk yang tinggi.

Kurangnya Fasilitas Medis

Faktor kemiskinan atau karena ada di daerah terpencil yang minum akses kesehatan, maka fasilitas kesehatan medis pun menjadi terbatas. Jadi tempat atau lingkungan daerah yang seperti inilah yang memudahkan penyebaran penyakit flek paru paru.

Penyalahgunaan Obat

Beberapa penyalahgunaan obat seperti narkoba dapat melemahkan sistem daya tahan tubuh, sehingga sangat mudah terserang oleh virus dan bakteri, termasuk bakteri penyebab flek paru paru. Selain itu, zat tertentu seperti alkohol dan rokok juga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lemah, sehingga bisa meningkatkan risiko terkena flek paru paru.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan seperti tempat tinggal, tempat kerja dan tempat yang sering dilalui oleh banyak orang adalah tempat yang memudahkan bakteri penyebab flek paru paru menyerang. Misalnya lingkungan rumah yang ada penderita flek paru paru, maka anak atau orang dewasa yang ada di lingkungan tersebut akan terkena flek paru paru juga.

Sangat sulit untuk bisa menghindari beberapa faktor penyebab di atas. Tapi anda bisa melakukan gaya hidup sehat agar tubuh tetap sehat terjaga dan daya tahan tubuh pun bisa bertambah kuat, dengan demikian anda pun bisa terhindar dari penularan penyakit flek paru paru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline