Lihat ke Halaman Asli

Achmad Siddik Thoha

TERVERIFIKASI

Pengajar dan Pegiat Sosial Kemanusiaan

Inilah 'Para Pemaku Pohon' di Kota-kota Indonesia (Edisi Caleg)

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13895739232135924072

Sudah sepekan ini gerakan Relawan Penyelamatan Pohon dari aksi Pemakuan diluncurkan. Gerakan ini diinisiasi oleh Komunitas Pohon Inspirasi (KPI) untuk mengurangi tekanan pada pepohonan yang kemungkinan akan meningkat pada rangkaian proses pemilu legislatif. KPI meluncurkan gerakan berbasis komunitas dengan menggandeng individu dan jejaring komunitas lain untuk bersama-sama menjaga pepohonan dari kerusakan akibat tindakan tidak ramah lingkungan.

Selama sepekan ini, puluhan relawan yang sudah berkomitmen bergabung sudah menjalankan tugasnya secara mandiri secara sukarela. Relawan dari Malang, Gorontalo, Bogor, Bandung dan Jakarta sudah mulai meng-updload foto-fotonya di media yang sharing KPI. Relawan lain yang sudah bergabung berasal dari Situbondo, Mataram, Medan dan kota-kota lainnya. Mereka sudah mendokumentasikan pohon-pohon yang ditempeli "sampah visual" dengan cara memakunya. Tak lama lagi foto-foto mereka akan segera terpublikasi di media sosial dan blog.

Dari foto-foto yang berhasil didokumensikan relawan penyelamat pohon ini, pepohonan di perkotaan banyak yang ditempeli oleh iklan dari perusahaan property (perumahan), iklan lembaga pendidikan dan tentunya "iklan" calon legislatif. Tentu saja, cara illegal ini perlu disebarluaskan agar pemilik iklan segera menyadari kesalahannya. Apalagi iklan caleg, jelas-jelas melanggar peraturan KPU ang tertuang dalam Peraturan KPU No. 15 tahun 2013.

Tulisan ini akan mempublikasi hasil penelusuran para relawan yang ada di Malang dan Bogor dengan tema Partai dan Caleg. Mereka dengan jeli mendokumentasikan beberapa pohon yang menjadi korban pemakuan alat peraga kampanye. Di Kabupaten Malang seorang relawan berhasil mendokumentasikan pepohonan yang dipaku di beberapa lokasi yaitu Sepanjang Jalan Raya Kecamatan Pakis, Jln. Raya Thamrin Kec. Lawang dan Jl. Tawangsari Kec. Lawang Kab Malang. Sementara di Bogor, seorang relawan melaporkan masih tertancapnya bendera salah satu partai politik di sebuah pohon Mahoni di Jalan Raya Cibanteng Kecamatan Ciampea, dekat Kampus IPB. Berikut hasil 'tangkapan' relawan penyelamat pohon.

[caption id="attachment_305666" align="aligncenter" width="412" caption="Pepohonan yang dipaku untuk memasang alat peraga para caleg di Kabupaten Malang (dok. hericahyo-relawan malang)"][/caption] [caption id="attachment_305662" align="aligncenter" width="320" caption="Foto pohon mahoni yang dipaku untuk menenpel bendera parpol di Kabupaten Bogor (dok. Achmad - Bogor)"]

13895735961989403568

[/caption] Dengan terpublikasinya foto-foto ini, semoga pihak yang bertanggungjawab dan berwenang menertibkan membacanya melakukan tindakan pencopotan.

Yuk, lindungi pepohonan yang sudah ditanam dan dirawat dengan susah payah dari aksi pengrusakan.

Salam lestari!

Bagi sahabat yang ingin bergabung dengan relawan penyelamat pohon, silahkan klik judul dibawah ini :

Bergabunglah Bersama Kami Relawan Penyelamat Pohon




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline