Lihat ke Halaman Asli

Achmad Siddik Thoha

TERVERIFIKASI

Pengajar dan Pegiat Sosial Kemanusiaan

Komunitas Pohon Inspirasi : Dari Menulis di Facebook, Membuat Buku hingga Gerakan Moral Mencintai Pohon

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13282153201813544330

[caption id="attachment_159941" align="aligncenter" width="298" caption="Anak dan Orang Tua Menanam  di Hari Pohon Sedunia (dok. pribadi)"][/caption] Oleh : Achmad Siddik Thoha

...Pernahkah kita melihat dan mengamati akar pohon beringin.  Beringin dalam istilah ilmiah dikenal dengan ficus. Lihatlah bagaimana bentuk dan penjalaran akar beringin. Akar beringin selalu menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran batang serta bentuk cabangnya. Bila cabang menjulur condong ke selatan, maka akar beringin akan ikut tumbuh ke selatan.  Selain itu, bentuk dan arah akar beringin berfungsi untuk menopang berat pohon bagian atas. Cengkeraman akar yang menonjol di permukaan tanah ini merupakan bukti kuat bahwa pohon beringin akan kokoh menghadapi tantangan lingkungan yang bisa menumbangkannya…

Kalimat di atas adalah salah satu isi dari tulisan pertama yang di-posting di grup POHON INSPIRASI (PI) Kamis 7 Januari 2010. Sejak itu selama dua tahun grup Facebook yang kemudian dikenal dengan PI terus menyebarluaskan kisah inspirasi dari pohon, alam dan kehidupan sehari-hari.

Admin grup FB PI menyadari bahwa menyelamatkan pohon hutan dan bumi tidak cukup dengan program teknis dan fisik, namun juga harus menyentuh kesadaran dan moralitas. Maka PI mencoba masuk pada ruang kontribusi untuk memberi kesadaran lebih dalam pada masyarakat melalui tulisan, aksi sosial dan penerbitan buku inspiratif.

Tak terasa sudah dua tahun kebersamaan PI bersama anggotanya yang saat ini (3 Pebruari 2012) mencapai 5117 member. Selain anggota yang lumayan banyak dan tersebar di penjuru dunia, PI telah bisa menggalang solidaritas dengan membuat kegiatan di dunia nyata berupa aksi peduli lingkungan di dunia nyata yang dberi nama Komunitas Pohon Inspirasi (KPI). Beberapa kegiatan peduli lingkungan telah KPI tebar dengan bekerja sama dengan LSM seperti Lembaga Alam Tropika Indonesia (LATIN), Persaudaraa Muslimah Kabupaten Bogor dan Organisasi Mahasiswa di IPB Bogor. Kegiatan KPI tersebar di beberapa tempat di Indonesia. Melalui kolaborasi cantik dengan berbagai pihak, KPI berhasil menghimpun anggotanya untuk berbagi inspirasi melalui kegiatan antara lain:

· Pembagian bibit (Masyarakat Cihideung Ilir Ciampea Bogor sebanyak 2100 Bibit, (Hari Lingkungan Hidup Sedunia Juli 2011 dan Hari Menanam Pohon Indonesia, Nopember 2011)

· Penanaman dan perawatan bibit, (300 bibit di Situgede dan 2100 di Cihideung Ilir Bogor pada Hari Pohon Sedunia Nopember 2010 dan Desember 2011, Hari Air Sedunia Maret 2011)

· Pengolahan sampah plastik dan sampah organik (Hari Air Sedunia, Maret 2011 dan Hari Pohon Sedunia, Desember 2011)

· Pelatihan pembuatan biopori (Hari Air Sedunia, Maret 2011)

· Pendidikan Lingkungan, Pohonku Istanaku (Desember 2010 dan Desember 2011)

· Lomba Mewarnai Gambar, Menggambar, Baca Puisi di Hari Pohon Sedunia Desember 2011

· Kreatifitas Alam (Terrarium dan kreatifitas sampah organik) di Hari Pohon Sedunia Desember 2011

· Dongeng Pohon di Hari Pohon Sedunia Desember 2011

· Hari Bumi oleh Sahabat PI dan LSM di Medan April 2011

· Hari Pohon Sedunia Sahabat PI Malang

· Hari Pohon Sedunia dan Hari Air Sedunia bersama Sahabat PI Bandung

[caption id="attachment_159940" align="aligncenter" width="448" caption="Perempuan Menanam di Hari Pohon Sedunia (dok. pribadi)"]

1328215219773075889

[/caption]

Keunikan dan sekaligus energi positif grup FB PI dan KPI adalah pada setiap kegiatan dananya berasal dari patungan atau donasi anggota grup. Semua kegiatan yang disebutkan di atas terlaksana atas dukungan dana, tenaga, pemikiran dan aktu dari anggota KPI. Mereka semua berjasa “menyiram dan merawat” KPI hingga tidak lagi tunas saat ini, tapi adalah Pohon yang semakin membesar dan member manfaat. Semoga Tuhan membalas kebaikan para perawat KPI. Amin.

Kehadiran PI di dunia maya dan dunia nyata semakin meriah dengan hadirnya buku “KETIKA POHON BERSUJUD : Inspirasi Hidup dari Pohon” pada bulan Agustus 2011 yang merupakan kumpulan tulisan yang di-posting di grup PI. Alhamdulillah buku ini diapresiasi dengan baik oleh sastrawan, akademisi, petani, aktifis LSM dan mahasiswa dan khususnya sahabat PI. Semoga buku kedua yang sedang dipersiapkan oleh admin bisa juga menyusul terbit. Sebagian keuntungan penjualan buku ini didonasikan untuk kegiatan penanaman dan perawatan bibit yang diadakan KPI.

PI juga punya layanan *PI_SMS* sebuah layanan buat member grup FB PI yang ingin mendapat SMS Inspirasi hidup GRATIS langsung ke HP masing-masing. *PI_SMS* sudah berjalan sebulan dan mendapat respon positif.

“Pohon memberi inspirasi dan cinta tak terbatas pada lingkungan. Inspirasi melahirkan keteduhan dan kebaikan.  Maka Pohon Inspirasi mencoba menghimpun inspirasi dan cinta untuk menebar kebaikan bagi lingkungan.”




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline