Jika saat ini banyak pesohor dunia baik seperti : Mark Zuckerberg, Oprah Winfrey, hingga Elon Musk. Serta beberapa publik figur di Indonesia, Joko Anwar, Ernest Prakasa, Arief Muhammad, Chef Arnold, hingga Rachel Vennya, mulai beralih ke media social clubhouse. Ada apa dengan clubhouse, seberapa keren fitur media social ini.
Sejak Elon Musk secara tidak mengaja memperkenalkan clubhouse ke publik. Mungkin inilah momentum yang di tunggu-tunggu oleh Paul Davison dan Rohan Seth pada Maret 2020. Karena nyatanya sejak kejadian itulah hingga saat ini clubhouse bagai melesat menyamai media social lain yang sudah sejak lama berada di panggung media social.
Ada dua hal utama yang bisa kita jelaskan terkait para publik figur tersebut : (1) Mereka saat ini "tidak bisa berpaling ke clubhouse" (2) Mereka semakin nyaman dengan media social clubhouse. Mungkin bagi kita yang belum terbiasa mendengar media social clubhouse masih bingung. Apa itu clubhouse, dan apa bedanya media social clubhouse dengan clubhouse sesungguhnya.
Mungkin orang juga sudah jelas, siapa Elon Musk sehingga bisa membuat dunia seolah menengok apa yang di lakukan Elon dengan clubhousenya. Elon Musk, seorang jenius yang banyak memunculkan ide brilian serta pebisnis yang handal. Pada saat itu seorang CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk melakukan sesi perbincangan lewat jejaring sosial tersebut lalu mengunggahnya di kanal YouTube.
Dari situlah hingga pada akhirnya clubhouse begitu mencuat dan menjadi trending topik untuk sebuah aplikasi media social yang cukup mendapatkan respon positif.
Saat ini bukan hanya publik figur yang secara aktif menggunakan clubhouse. Tetapi begitu banyak kalangan top dunia sudah memanfaatkan aplikasi media social ini untuk media komunikasi mereka. Sekadar menjelaskan, saat ini clubhouse adalah platform tempat para orang-orang top seperti : selebriti terkenal, pemimpin perusahaan, investor Silicon Valley, dan beberapa pemberi pengaruh global top web menggunakan media social ini. Mereka dapat melakukan obrolan grup audio tanpa sensor tentang kehidupan, hobi, pekerjaan, atau industri mereka.
6 HAL ISTIMEWA YANG BUAT CLUBHOUSE LANGSUNG TRENDING DI DUNIA
Sebenarnya kemunculan clubhouse hingga menjadi trending di dunia, bukan semata karena lebih melihat momentum yang tepat semata. Tetapi setidaknya ada 6 hal istimewa yang membuat clubhouse mampu menjadi magnet baru bagi para kalangan top dunia dalam melakukan komunikasi bisnis.
Dimana ke-6 hal istimewa tersebut coba kami bedah satu persatu sehingga bagi anda yang saat ini belum familiar dengan clubhouse semakin memahaminya.
1. Clubhouse adalah sebuah media social yang basic-nya adalah layanan berbasis audio. Hampir sama dengan media social lain, jika IG fokusnya pada gambar atau photo maka clubhouse fokus pada suara. Manfaatnya adalah para pengguna clubhouse bisa mengunggah suara yang isinya bisa cerita, mengembangkan sebuah ide, memperdalam konteks persahabatan dan lainnya.
2. Clubhouse saat ini banyak di gunakan oleh tokoh dunia. Kenapa, karena keunggulan beberapa fitur yang ada dalam media social tersebut. Sehingga sejak di rilis oleh Paul Davison dan Rohan Seth pada Maret 2020. Hingga saat ini clubhouse sudah memiliki 1.500 pengguna di dunia. Sekalipun belum besar, tapi yang menarik adalah valuasi marketnya sudah mencapai US$100 juta atau setara Rp1,4triliun.