Lihat ke Halaman Asli

Achmad Muzaki

Mahasiswa

Analisa Wilayah Menggunakan Indeks Material (IM) Desa Krucil, Kabupaten Probolinggo

Diperbarui: 12 Juli 2021   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Hallo para sobat media sosial, saya Achmad Muzaki Ilhamsyah dari mahasiswi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

Saya akan menulis artikel mengenai analisa wilayah menggunakan Indeks Material Desa krucil, Kabupaten Probolinggo. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Selamat Belajar teman-teman semuanya!!!

Di kec. Krucil Kab, Probolinggo sendiri merupakan tempat hasil industri susu sapi perah tingkat nasional, industry ini juga dapat melaju pertumbuhan bagi ekonomi di desa tersebut. Sebanyak 4.700 ekor sapi perah di wilayah tersebut bisa menghasilkan produksi susu sebanyak 33 ribu liter/harinya, dari sapi tersebut dimiliki oleh 1.800 beberapa perternak dari 6 desa di wilayah Krucil. Hasil produksi oleh peternak nantinya diambil oleh pengelola susu untuk dipasarkan, sedangkan peternak yang menukarkan ke pengelola akan mendapatkan koperasi sehingga peternak lebih mudah menjual hasil produksi susu sapinya.

Jika potensi wilayah ini dihitungan dengan Indeks Material (IM) maka hasilnya perhitungannya adalah <1 yang artinya lokasi industri susu sapi perah di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo berorientasi pada pasar karena daerahnya disana sangat mendukung begitu pula sama jalan transportasi yang tidak ada hambatan.

Indsutri susu sapi perah ini tidak hanya menjual susu, juga membuat produk olahan susu seperti permen serta jenis lain yang berbau susu, sebab industry susu sapi perah ini merupakan hal penting dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa Krucil.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline