Lihat ke Halaman Asli

Achmad Mufti

TETAP SEMANGAT DAN MANTAP BERIBADAH SERTA BERAKTIFITAS

Kolaborasi Mata Pelajaran

Diperbarui: 9 November 2021   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dari pengertian ahli tersebut pada dasarnya kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat.

Pada kesempatan ini kolaborasi diartikan sesuai dengan judul adalah bentuk interaksi (integrasi) suatu mata pelajaran/materi pelajaran dalam proses pembelajaran menginteraksikan/mengintegrasikan dengan aplikasi teknologi secara langsung atau tidak secara langsung yang menerima akibat dan manfaat.

Sedangkan aplikasi teknologi yang dimaksud adalah aplikasi berbasis komputer, misal ms. office, whatsApp, google for education, canva for education, instagram, facebook.

Maka dengan adanya aplikasi teknologi, dapat kita manfaatkan untuk membuat pembelajaran dari masing-masing mata pelajaran dikolaborasikan atau diintegrasikan menggunakan aplikasi teknologi.

Dengan harapan dengan mengkolaborasikan mata pelajaran dengan aplikasi teknologi, tercipta suatu pembelajaran yang menyenangkan serta menarik bakat dan minat peserta didik.

Contoh misalkan google classroom pembelajaran kita buat menarik dengan membuat banner yang artistik, dapat dikolaborasikan dengan aplikasi canva.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline