Lihat ke Halaman Asli

achmad muchibbin

UIN Raden Mas Said Surakarta

Investasi untuk Akhirat

Diperbarui: 3 Juni 2024   11:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Investasi Untuk Akhirat

Menurut kamus Bahasa Indonesia, Investasi diartikan sebagai penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam dunia Investasi ini digunakan untuk menabung dan nantinya akan mendapakan keuntungan sesuai dengan perusahaan itu apakah mendapatkan keuntungan yang lebih atau tidak. Pada dasarnya manusia melakukan investasi di dunia ini untuk mendapatkan keuntungan. 

Investasi sendiri juga banyak macamnya seperti investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Pada investasi itu sendiri, kita juga harus bisa memperhatikan dan menganalisis investasi yang akan kita lakukan di perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau malah sebaliknya. Manfaat dalam melakukan investasi salah satunya juga untuk bekal kita di masa depan.

Lalu, apa hubunganya Investasi dengan akhirat? Dalam konteks investasi uang atau modal yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa investasi ini adalah sebuah penanaman uang atau modal dengan tujuan memperoleh keuntungan, maka penanaman uang atau modal dalam perusahaan yang tujuannya mendapatkan keuntungan ini dilakukan pada masa selama kita hidup di dunia ini. 

kita hubungkan dalam konteks akhirat, investasi ini kita sambungkan dengan akhirat yang dimana penanaman uang atau modal dengan tujuan keuntungan ini kita istilahkan dengan penanaman kebaikan di dunia ini dengan tujuan untuk mendapatkan pahala yang nantinya sebagai bekal kita di akhirat nanti. 

Pada investasi yang dilakukan di dunia kita harus bisa menganalisis perusahaannya agar investasi yang kita lakukan mendapatkan keuntungan atau malah sebaliknya yaitu mendapatkan kerugian. Lalu jika kita melakukan investasi akhirat, kita tidak akan mendapatkan keruguan, tetapi juga harus memperhatikan investasi yang kita lakukan ini adalah sebuah kebaikan bukan keburukan. 

Jadi jika kita melakukan investasi dunia kita harus menganalisis perusahaan dan bisa jadi mendapatkan kerugian, namun jika kita berinvestasi akhirat kita akan mendapatkan keuntungan dan tidak akan mendapatkan kerugian tersebut asalkan investasi yang kita lakukan itu adalah kebaikan.

Dalam investasi yang kita lakukan di duina ini disebutkan sebelumnya bahwa banyak macam-macam nya yang bisa kita gunakan. Sedangkan investasi akhirat juga banyak macamnya untuk kita lakukan. Dalam dunia ini banyak kebaikan yang bisa kita lakukan. Kebaikan sekecil apapun jika kita ikhlas melakukan itu akan mendapatkan pahala. 

Contoh kecil nya yaitu senyum, karena dengan senyuman ini memiliki kekuatan untuk menyebarkan kebaikan sehingga membuat orang lain juga bahagia. Dalam islam sendiri senyum juga dianggap sebaga ibadah. Banyak sekali manfaat melakukan senyum ini, selain juga menebarkan kebaikan dan membuat orang lain juga ikut merasakan kebahagiaan, senyum juga bermanfaat untuk diri kita sendiri, karena dengan senyum ini juga bisa meningkatkan mood kita dan menghilangkan stres. 

Untuk orang lain senyum yang kita berikan akan medapatkan sebuah kebahagiaan dan menghadirkan kebaikan kepada orang lain. Dalam hadist nabi Rasulullah Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

"Seorang dari kalian tidak boleh meremehkan segala kebaikan, biarpun hanya dengan bertemu saudaranya dengan wajah yang gembira."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline