Lihat ke Halaman Asli

Achmad Irfan

KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Olahraga Sehat yang Praktis dengan Jalan Kaki, 5 Alasan Orang Malas Jalan Kaki

Diperbarui: 14 Oktober 2022   07:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warga sedang berolahraga jalan kaki di kawasan car free day (cfd) , di kawasan MH. Thamrin, Jakarta  (Antara Foto/Galih Pradipta)

Setiap  hari manusia  dalam Aktivitas dan rutinitas pasti dengan jalan kaki, tetapi intensitas jalan kaki orang Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara lain. Dikutip dari KOMPAS.com, peneliti Stanford University Indonesia sebagai negara yang warganya paling malas jalan kaki, karena hanya berjalan 3.513 langkah tiap harinya. Sebagai  pembanding negara yang paling rajin jalan kaki adalah Hongkong, dengan rata-rata 6.880 langkah per hari. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia tergolong malas jalan kaki, untuk itu perlu ada edukasi tentang manfaat dari jalan kaki.

Sebenarnya olahraga jalan kaki itu sangat simpel dan praktis dan dapat di lakukan kapan saja dan di mana saja, misalnya bagi pekerja yang naik kendaraan umum jika jarak kantor hanya 1 km bisa berjalan kaki  baik saat berangkat kerja maupun pulang kerja. Untuk masyarakat yang sudah lansia, jalan kaki bisa  di lakukan pagi dan sore hari. 

Bagi Ibu rumah tangga bisa jalan kaki ke pasar terdekat, dan mahasiswa bisa jalan kaki saat berangkat atau pulang daribkampus. Banyak manfaat dari berjalan kaki seperti membakar kalori, memperkuat jantung, memperkuat tulang dan sendi, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula, memperbaiki suasana hati dan masih banyak manfaat lainnya.

Jalan kaki walaupun mudah  dan praktis dapat di lakukan kapan saja, tetapi jika kita malas atau kurang jalan kaki pasti masing-masing  individu ada alasannya. Berikut 5 Alasan menurut penuli kenapa orang Indonesia malas atau kurang jalan kaki:

1. Hati yang Belum Siap

Segala aktivitas yang kita lakukan pada dasarnya berawal dari hati, jika hati kita belum siap maka segala aktivitas tidak akan kita bisa lakukan atau malas untuk melakukannya.

2. Waktu  yang Terbatas

Ini adalah alasan terbesar kenapa malas atau kurang jalan kaki, bagi pekerja kantoran berjalan kaki sehari 4.000 langkah sangat sulit di lakukan apalagi jika memakai kendaraan pribadi ke kantor. Bagi yang ke kantor memakai kendaraan umum masih banyak yang turun dekat lokasi kantor, ini membuat efektifitas jalan kaki sangat sulit dengan waktu yang terbatas.

3. Weekend untuk Istirahat

Sebagian besar pekerja yang kurang jalan kaki, di hari libur weekend sebenarnya kesempatan baik  untuk jalan kaki, tetapi padatnya aktivitas di hari kerja membuat para pekerja di libur weekend untuk full istirahat atau liburan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline