Lihat ke Halaman Asli

Achmad Humaidy

Blogger -- Challenger -- Entertainer

JNE Majukan Ekonomi Kreatif melalui Content Competition 2023

Diperbarui: 25 Juli 2023   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Awarding JNE Content Competition 2023 (sumber: jne.co.id)

     Halo, Kompasianer. Bagaimana kabar hari-harimu?! Semoga masih diberi kesehatan biar makin lancar dan semangat untuk terus berkarya. Tak terasa, kita berada pada pertengahan tahun 2023. Setiap hari yang kita lalui tentu selalu ada cerita baru. Sebagai konten kreator, penulis pun selalu membuat konten-konten digital dari kisah yang aku lalui dalam keseharian.

     Jangan heran bila aku pernah ikutan Content Competition 2023 yang diselenggarakan JNE dari awal tahun ini. Meski belum meraih gelar juara pada tahun ini, setidaknya aku sudah mencoba hal baru. Semangat berkarya tetap terpacu dalam diriku, sebab kalah atau menang dalam suatu kompetisi memang hal lumrah yang harus dihadapi.

     "Semangat Bergerak Bangkit Bersama" menjadi tema kompetisi yang diselenggarakan oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Tema tersebut merupakan representasi progres, pertumbuhan, pergerakan, dan perjalanan perusahaan yang makin dicintai masyarakat luas sebagai layanan ekspedisi antar barang. 

     JNE Bangkit Bersama UKM menjadi korelasi pada tema kompetisi tahun ini yang diharap dapat menumbuhkan optimisme masyarakat Indonesia untuk terus maju dan adaptif dalam berkarya. Dimana setiap individu punya kesempatan sama untuk memberikan karya terbaik bagi bangsa dan negara. Seperti apa keseruan kompetisinya, baca tulisan ini sampai selesai ya

JNE Content Competition dari Masa ke Masa

     Bagi penulis, JNE memang sudah dikenal sebagai perusahaan ekspedisi antar barang yang begitu populer. Berdiri sejak tahun 1990, perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian barang ini berkembang pesat di Indonesia. Apalagi saat perkembangan e-commerce, UKM, dan perubahan daya beli masyarakat yang dinamis maka JNE bagai solusi bagi para pelaku UKM di seluruh Indonesia untuk menjangkau konsumen lebih luas. Dari masa ke masa, JNE pun mengembangkan program atau kegiatan JNE Content Competition demi memberi ruang kreatif bagi jurnalis, konten kreator, dan karyawan JNE sendiri.

JNE Content Competition 2023 (sumber: jnewsonline.com)

     Antusias para peserta JNE Content Competition terus bertambah sejak dilangsungkan dari tahun 2011. Hal ini bisa dilihat dari 3000 peserta dengan total 6.300 karya dari seluruh Indonesia yang terus meluas dari masa ke masa. Konten-konten yang dihasilkan tak hanya meningkatkan brand awareness terhadap pelanggan JNE, tetapi juga mampu memberi pengetahuan baru tentang inovasi-inovasi yang dilakukan perusahaan logistik ini untuk majukan sektor ekonomi kreatif lokal. Tak hanya itu, kompetisi tahunan ini menghadirkan 2 kategori baru bagi pelajar dan mahasiswa yang memotivasi mereka untuk berkarya sesuai perkembangan zaman yang makin dinamis. Dengan begitu, komitmen JNE untuk dorong kemajuan ekonomi kreatif dan meningkatkan perekonomian nasional bisa terus bergulir semangat dalam lingkup tiga dekade sekaligus.

     Perkembangan JNE 32 tahun menjadi daya tarik tiap peserta untuk mengangkat pengalamannya dalam format tulisan, foto, video, dan desain. Nah, dalam lomba kali ini penulis sempat membuat artikel tentang salah satu UKM di daerah Bandung yang bangkit memiliki layanan digital sejak bekerja sama dengan cabang JNE yang ada di kota kembang tersebut. Meski penulis baru saja mencoba ikut lomba tahun ini dan gagal meraih hadiahnya. Tapi, aku makin penasaran untuk ikut kompetisi yang diadakan JNE tahun depan. Ternyata JNE Content Competition begitu menantang semangatku untuk terus berkarya tanpa batas. 

Testimoni Pemenang JNE Content Competition 2023 

     Biar kita bisa belajar dari para pemenang tahun ini untuk persiapan ikut lomba pada masa yang akan datang. Berikut beberapa testimoni dari para pemenang yang sudah meraih gelar juara. Apa saja trik mereka bisa menang kompetisi skala nasional ini ya?! 

     Juara 1 untuk kategori Hard Online News diraih oleh Desi Angriani sebagai pewarta media dari IDX Channel. Dalam sambutannya, Ia mengucapkan terima kasih kepada JNE dan dewan juri. "ini kali ketiga saya ikut content competition dan sudah 2 kali menang. Untuk tahun berikutnya, saya ingin memberi kesempatan kepada rekan-rekan lain untuk terus berjuang jadi pemenang dalam membuat karya yang lebih bagus lagi". Secara simbolis, Ia pun menerima penyerahan giant check di Rumah Wijaya yang diserahkan oleh Iwan Hendarmawan selaku juara 3 pemenang writing competition tahun 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline