Lihat ke Halaman Asli

Achmad Humaidy

Blogger -- Challenger -- Entertainer

Komitmen Go-Jek untuk Mendorong Kesejahteraan Mitra Go-Food Berawal dari Hari Kuliner Nasional

Diperbarui: 4 Juni 2018   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banner Pasar Malam Mitra Go-Jek (dokpri)

Rangkaian acara Hari Kuliner Nasional telah diadakan serentak di 11 kota mulai tanggal 5 hingga 13 Mei 2018. Acara kuliner terbesar di Indonesia ini mengukuhkan komitmen Go-Jek sebagai inovasi bisnis yang mendukung perkembangan UMKM Kuliner. Melalui layanan pesan antar makanan berbasis teknologi yang dikenal dengan istilah Go-Food, perusahaan ini mulai memperluas segmentasi pelanggan dengan membentuk jaringan yang menjangkau pencinta kuliner di Indonesia.

Dari rangkaian acara tersebut, penulis berkesempatan hadir meliput pada Jum'at, 11 Mei 2018 di kawasan Gelora Bung Karno yang tertutup untuk umum. Area Go Food Festival yang terletak di Taman Samping Masjid Al Bina (Jalan Pintu Satu, GBK Senayan, Jakarta Pusat) sengaja dipersiapkan untuk Pasar Malam Hari Kuliner Nasional sekaligus apresiasi bagi sekitar 3.000 mitra GoJek yang terdiri atas pengemudi, mitra UMKM, dan talent Go-Life. Mereka diundang secara eksklusif karena memiliki kontribusi yang berprestasi.

Go-Jek selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan swadaya mitranya dimanapun berada (dokpri)

        "Keberhasilan mitra Go-Jek tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Go-Jek. Mereka bagai tulang punggung yang tumbuh dan sukses bersama sehingga kesejahteraan mitra yang tergabung dalam ekosistemnya menjadi tanggung jawab Go-Jek.", ujar Nadiem Makariem selaku CEO Go-Jek.

Nadiem Makariem (dokpri)

        "Awalnya, perusahaan ini termasuk dalam skala usaha kecil, namun terus berkembang dan menjadi 50 perusahaan yang disebut mengubah dunia karena menjadi tren perbincangan antar entrepreneur yang ada di luar negeri. Untuk itu, majalah Fortune mempromosikan Go-Jek sebagai salah satu perusahaan terbaik yang mampu menciptakan iklim binis sehat tidak hanya untuk Indonesia melainkan bagi dunia." kalimat sambutan dari Nadiem Makariem yang pernah menjabat sebagai co-founder dan managing editor Zalora Indonesia.

         Maka, penghargaan pun layak diberikan kepada mitra Go-Jek yang berprestasi dari segi pemilihan kategori seperti mitra yang paling banyak mengoptimalkan akses ke layanan keuangan, mitra yang mengalami perubahan hidup, dan mitra yang tetap semangat bersama Go-Jek sejak 2010. Gelaran Pasar Malam ini tak hanya diadakan di Jakarta. Hari Kuliner Nasional juga digelar serentak di 4 lokasi lain yaitu Go-Food Festival Bale Binarum di Bogor, Go-Food Festival Palembang Indah Mall, Go-Food Festival Grand City di Surabaya, dan Go-Food Festival EatOut Karebosi Link di Makassar.

        Kota Jakarta menjadi lokasi dengan jumlah undangan mitra paling banyak. Para mitra yang hadir diperkenankan membawa anggota keluarga dan menikmati makanan yang telah tersedia dari berbagai tenant tanpa harus mengeluarkan uang sekalipun. Anak-anak juga bebas bermain di area acara yang didesain khusus dengan konsep outdoor yang ceria. Sampai malam hari, konser musik pun digelar dengan menampilkan Setia Band dan Wika Salim. Hal ini diupayakan sebagai bentuk apresiasi agar mitra Go-Jek terus memberi layanan terbaik bagi konsumen.

Mitra Go-Food yang mendapat penghargaan (dokpri)

Acara ini dihadiri oleh beberapa kementerian beserta jajaran yang terus mendukung Go-Jek sebagai on demand mobile platform dan aplikasi terdepan yang menyediakan berbagai layanan lengkap mulai dari transportasi, logistik, pembayaran, layanan antar makanan, dan berbagai jasa on-demand lain. Secara bergantian, para menteri memberi sambutan seperti Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (MenKop UKM) Puspayoga dan Menteri Komunikasi dan Informatika (MenKomInfo) Rudiantara.

Mereka menilai bahwa keberadaan Go-Jek mampu mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah.  Penyelenggaraan Hari Kuliner Nasional juga menempatkan Go-Food sebagai layanan yang memperkenalkan usaha kuliner nusantara. Melalui acara terbesar ini, mitra Go-Food turut mempromosikan usaha kuliner agar semakin dikenal oleh masyarakat. Pengembangan potensi pasar tersebut sejalan dengan survei Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) 2018 karena industri kuliner mampu menyumbang lebih dari Rp 382 triliun kepada total produk domestik bruto sektor ekonomi kreatif.

Para pejabat yang hadir dalam Pasar Malam HarKulNas (dokpri)

Rantai kebaikan Go-Jek layak jadi win-win solution semua pihak. Ada keuntungan tersendiri karena mitra Go-Jek mampu memanfaatkan peluang untuk mencari penghasilan dengan memanfaatkan kendaraan pribadi. Konsumen pun lebih mudah untuk memesan makanan tanpa harus datang ke restoran.

Hal ini sejalan dengan berbagai promo menarik yang terus digaungkan dalam Hari Kuliner Nasional. Sebagai contoh, layanan Go-food daring, promo di gerai mitra Go-pay, dan promo di lokasi Go-food Festival mulai dari cash back, lucky voucher 55 hingga potongan maksimal Rp 20 ribu.

Jajaran mitra Go-Jek berfoto bersama (dokpri)

GO-FOOD juga turut mengundang berbagai komunitas untuk turut hadir meramaikan acara di GO-FOOD Festival area. Ada 11 titik lokasi GO-FOOD Festival yang bisa kamu kunjungi bersama komunitasmu, yaitu:
  1. Gelora Bung Karno (Pintu 4), Jakarta
  2. Pasar Mall of Indonesia, Jakarta
  3. Pasaraya Blok M , Jakarta
  4. Grand Galaxy Park, Bekasi
  5. Bale Binarum, Bogor
  6. Cirebon Super Block Mall, Cirebon
  7. Palembang Indah Mall, Palembang
  8. Grand City Mall, Surabaya
  9. Lapangan Karebosi, Makassar
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline