Lihat ke Halaman Asli

Achmad Haqqul Yaqin

Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Ampel

Munculnya Filsafat Menjadikan Umat Islam Mengalami Kejayaan

Diperbarui: 31 Oktober 2021   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Oleh : Achmad Haqqul Yaqin

Pendahuluan


Semakin berkembangnya zaman, tentu memiliki perkembangan tersendiri bagi hal hal yang terkait di dalamnya. Khususnya dalam filsafat sendiri mempunyai perkembangan dalam hal pemikiran manusia sehingga umat islam khususnya meraih kejayaan dikarenakan pengembangan dari para ahli filsafat muslim yang menjadikan filsafat berubah menjadi corak yang islami sehingga dikelompokkan sendiri di dalam Filsafat Islam.(Ruslan Ibrahim, 2017)

Di dalam Filsafat Islam tentu tetap berlandaskan Al-Qur'an dan Hadist sebagai penguat dalam memahami secara lebih detail. Berfikir tentang Filsafat Islam cenderung lebih bebas, radikal, dan dengan tetap sesuai taraf makna sehingga mampu menjadikan hati lebih tentram dan damai. Sehingga Filsafat Islam cenderung humanis di dalam perdamaian dan keselamatan.

Namun disisi lain terdapat banyak hambatan dalam pengembangan filsafat, tentu adanya arus globalisasi yang bersifat negatif dan berbagai krisis lingkungan yang ditempati oleh seluruh makhluk hidup. Belum tambahan dari pihak luar yang adanya isu isu dan ancaman terkait konflik internasional antar negara yang satu dengan yang lainnya sehingga menjadikan rusaknya moral manusia, serta rusaknya lingkungan kehidupan sekitar.

Dari sinilah munculnya filsafat sangat berperan penting dalam memperbaiki dan menyelesaikan solusi dari berbagai permasalahan yang terjadi dalam perkembangan zaman saat ini khususnya dalam perkembangan Umat Islam. Sejak filsafat muncul, perkembangan umat islam menemukan masa kejayaannya.(Muhammad Asrori, 2009)

Isi


Filsafat pada dasarnya datang sebelum islam datang di negeri arab karena sudah lama berkembang di zaman dahulu kala. Namun filsafat baru dikenal oleh masyarakat khususnya umat islam ketika filsafat muncul di tengah-tengah kalangan masyarakat umum di negeri Arab.

Filsafat ketika pindah di negeri Arab, menjadikan pusat berkembangnya ilmu pengetahuan dimana masyarakat mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga masyarakat umum khususnya umat islam mendapatkan pengetahuan yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Seketika filsafat lebih condong ke dalam dunia islam dikarenakan beberapa faktor faktor di dalamnya diantaranya adanya pembuktian bahwa Allah menurunkan agama Islam atas kehendak-Nya. Kemudian dari kalangan Masyarakat Islam khususnya ada anjuran lebih untuk berfikir tentang penciptaan langit dan bumi sehingga menciptakan pemikiran filsafat di dalamnya terhadap pernyataan tersebut. (Dr.HM. Zainuddin, MA, 2013)

Banyak dari masyarakat tertarik akan ajaran islam dan isi isi di dalamnya dikarenakan ajaran ini lebih bersifat terbuka dan bermasyarakat. Ajaran islam tentu tidak bisa lepas dengan perkumpulan budaya dan pengetahuan bangsa lain sehingga perkembangan ajaran ini berkembang sangat luas hingga dikaitkan dengan kedisiplinan ilmu yang semuanya termasuk kedalam filsafat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline