Lihat ke Halaman Asli

Achmad Hamdan

Dosen Universitas Negeri Malang

Pengabdian Dosen UM dalam Peningkatan Daya Saing UMKM Desa Jatisari Melalui E-Marketplace Desa

Diperbarui: 9 November 2024   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan E-Marketplace bagi Kelompok UMKM Desa/Dok. pri

Kabupaten Malang, 25 Oktober 2024 - Dosen Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bertema "Implementasi E-Marketplace Desa Sebagai Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Jatisari Kabupaten Malang". Acara yang dihelat di Kantor Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji ini menghadirkan 30 pelaku UMKM sebagai peserta dan bertujuan untuk memperluas jangkauan pemasaran serta meningkatkan daya saing produk lokal.

Kegiatan yang dipimpin oleh Bapak Achmad Hamdan, S.Pd., M.Pd., selaku ketua pelaksana ini bertujuan membekali pelaku UMKM dengan kemampuan digital dalam memasarkan produk mereka di era modern. Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong UMKM untuk memanfaatkan teknologi e-marketplace desa sebagai langkah strategis dalam memperluas pangsa pasar dan meningkatkan daya saing.

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Jatisari, Bapak Muhammad Manstur, yang menekankan pentingnya kolaborasi antara akademisi dan masyarakat untuk memberdayakan ekonomi desa. "Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari sinergi antara dunia pendidikan dan masyarakat yang akan membawa dampak positif bagi perekonomian desa. Kami harap UMKM di Jatisari bisa semakin maju dan dikenal lebih luas melalui strategi pemasaran digital ini," ujarnya.

Sambuatan oleh Kepala Desa/dok. pri

Bapak Achmad Hamdan, sebagai pemateri utama, menyampaikan pentingnya digitalisasi bagi UMKM untuk dapat bertahan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, terlebih setelah pandemi. "Pandemi membawa perubahan signifikan dalam pola konsumsi masyarakat. Dengan pemahaman dan penerapan strategi pemasaran digital, UMKM Jatisari dapat menjangkau konsumen lebih luas dan memperkuat posisi produk lokal di pasar," jelasnya.

Penyampaian Materi Utama Oleh Ketua Pelaksana Kegiatan/dok. pri

Dalam pelatihan ini, peserta juga dibekali pemahaman tentang analisis data untuk memahami pola kebutuhan konsumen. Diharapkan, melalui e-marketplace desa, para pelaku UMKM mampu mengumpulkan data statistik yang dapat dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan pemasaran dan inovasi produk.

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan terobosan bagi UMKM di Desa Jatisari untuk maju di era digital dan siap bersaing dalam pasar yang lebih luas. Bagi pelaku UMKM, inisiatif ini membuka peluang untuk mengembangkan bisnis secara lebih efektif dan efisien, serta mampu menghasilkan kebijakan pemasaran yang tepat sasaran.

Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari kontribusi Universitas Negeri Malang dalam memberdayakan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital, sehingga UMKM di pedesaan pun dapat bersaing dengan pelaku bisnis yang lebih besar.

Link website e-marketplace desa jatisari dapat di akses di https://jatisari.store/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline