Lihat ke Halaman Asli

Green Mosque - Bursa - Turki

Diperbarui: 25 Januari 2023   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Bismillah, Alhamdulillah saya mempunyai kesempatan untuk menulis lagi.

Saya lanjutkan kembali tulisan saya terkait Trip ke Turki. Seperti yang saya tuliskan pada tulisan pertama tentang Turki, bahwa ini adalah murni cerita sesuai dengan apa yang saya dengar dari tour guide.

Oh ya, maaf, foto Green Mousqe sendiri tidak ada yang cocok, jadi pake foto saya di depan tulisan Bursa yang terletak dekat dengan Green Mosque.

Baik, saya mulai ya...

Jadi Green Mosque ini bernama Yeil Camii merupakan Masjid yang dibangun oleh Sultan Mehmed I Celebi. Beliau adalah kakek dari Sultan Mehmed II (Al Fatih). Letaknya dekat dengan Grand Mosque (Ulujami) di Bursa. Menurut guide, Sultan Mehmed Celebi meninggal dunia 40 setelah berhasil membangun masjid ini.

Layaknya masjid zaman Turki Usmani, terdapat pancuran tempat wudhu di tengah tengah masjid. Selain itu terdapat ruangan ruangan khusus untuk perempuan, untuk mengaji dan rapat. Masjid ini terdiri dari 2 lantai. Namun lantai 2 ini hanya diperuntukkan Raja dan keluarganya saja.

Disamping masjid ini terdapat makam raja dan keluarganya. Kakek Muhammad Al Fatih dimakamkan bersama istri dan anak anak perempuanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline