Bab I
Pendahuluan
A.Latar belakang.
peserta didik adalah individu yang begitu unik karena terdapat macam-macam kecerdasan serta memiliki beberapa kecendurungan dalam pendekatan metode yang disukai. ada yang menyukai auditif dimana perserta didik lebih suka mendengarkan, visual lebih suka melihat, kinestetik lebih suka melakukan. oleh karena itu, maka guru selaku tenaga pengajar dituntut untuk dapat melakukan itu. jika, saja tidak dapat maka akan banyak problematika yang muncul dari mulai kebosanan, ketidaksampaian mata pelajaran yang disampaikan, hingga hilangnya motivasi untuk belajar. tentunya harap dari pada mereka yaitu, peserta didik tentunya belajar suatu hal menyenangkan, suatu hal ditunggu, dan suatu hal yang membuat potensi peserta didik itu menjadi tersalurkan dengan baik.
apabila guru tidak dapat memahami peserta didik dengan baik maka jangan salahkan peserta didik jika peserta didik itu menjadi nakal yang sehingga membuatnya tidak mengikuti pelajarannya. dalam hal ini ketrampilan variasi pengajaran oleh guru itu hadir untuk menjembatani dari stimulus peserta didik yang penggunaanya itu multisumber, multimedia, multimetode, multistrategi, multimodel. mungkin boleh saja pembelajaran dilaksanakan dengan nuasa klasikal akan tetapi sentuhan haruslah individual.
Artinya guru perlu menggunakan berbagai cara untuk membuat nuansa pembelajaran menjadi menarik dan variatif.mulai dari ceramah untuk yang menyukai auditif, lalu, menggunakan media pembalajaran untuk yang visual dan hingga kepada demontrasi bagi yang kinestetik.maka dari itu guru tentunya dituntut untuk lebih terampil yang tidak hanya ditekankan peserta didik saja.sehingga membuat pelajaran yang diajarkan oleh guru tersampaikan dan akan muncul pembelajaran yang lebih bermakna, dan optimal sehingga muncul beberapa antusiasme serta penuh partisipatif atau bahkan akan adanya potensi untuk peserta didik ini dapat menyukai pelajaran yang diajarkan tersebut.
B. Rumusan masalah
1. Apa yang dimaksud dengan ketrampilan dalam mengadakan variasi?
2. Apa saja tujuan ketrampilan mengadakan variasi?
3. apa saja prinsip ketrampilan mengadakan variasi?
4. Apa saja komponen dalam ketrampilan mengadakan variasi?
C.Tujuan makalah
1. dapat mengetahui secara konseptual mengenai ketrampilan dasar dalam mengadakan variasi.
2. dapat mengetahui prinsip ketrampilan dasar dalam mengadakan variasi.
3. dapat mengetahui tujuan ketrampilan dasar dalam mengadakan variasi.
4. dapat mengetahui komponen ketrampilan dasar dalam mengadakan variasi.
Bab II
Pembahasan
A.Pengertian ketrampilan mengadakan variasi.
Objek dari sebuah pembelajaran adalah peserta didik dan untuk dapat terlaksananya sebuah pembelajaran yang efektif tentunya perlu adanya ketrampilan yang masif.yang pastinya dengan menampilkan ketrampilan yang menarik yaitu dengan cara Mengadakan variasi. mengadakan variasi berarti melakukan tindakan yang beraneka ragam yang membuat sesuatu menjadi tidak monoton di dalam pembelajaran sehingga dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan rasa ingin tahu siswa, serta membuat tingkat aktivitas siswa menjadi bertambah ( Helmiati, 2013:65 ) .
Pendapat yang sama dikemukakan Uzer Usman bahwa mengadakan variasi adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam situasi belajar siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme,serta penuh partisipasi ( Uzer Usman, 2011:84). Dalam hal ini yang diharapkan untuk terampil itu ditujukan tidak hanya kepada peserta didik saja akan tetapi untuk semua elemen yang terjun ke dalam sebuah pembelajaran salah satunya yaitu, Guru. Guru diharapkan memiliki kemampuan untuk menarik perhatian dan dapat membuat memberikan stimulus yang diharapkan sehingga akan dapat menarik kemampuan yang pesertadidik miliki.