Lihat ke Halaman Asli

Achmad Afandi

Mahasiswa

Tuntas Kewajiban Sebagai Mahasiswa Penerima Bidikmisi

Diperbarui: 14 April 2023   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Bidikmisi merupakan bantuan finansial atau beasiswa yang dikhususkan kalangan keluarga kurang mampu dan berprestasi. Beasiswa ini didapatkan di jenjang sarjana atau strata S-1. 

Penulis mendapatkan beasiswa ini tidaklah semudah seperti yang Anda pikirkan. Butuh proses dan perjuangan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi antara lain ; pengumpulan berkas, ujian dan survei lokasi. Ketiganya butuh waktu dan persiapan yang matang.

Pada tahap awal yakni pengumpulan berkas. Berkas yang diserahkan ke pihak bak rektorat harus benar-benar diteliti sebelum dikumpulkan secara online maupun offline. 

Berhubung beasiswa ini diperuntukkan untuk keluarga yang tidak mampu. Penulis meminta ke kepala desa untuk dibuatkan surat keterangan tidak mampu. Bapak kepala desa juga tidak serta Merta memberikan langsung karena harus melihat pekerjaan orang tua. Untuk ditahap ini saja sudah banyak tenaga dan waktu yang harus dikorbankan. Kalau sudah mendapatkan surat keterangan tidak mampu sangat dimungkinkan Anda bisa lolos tahap selanjutnya.

Pada tahap kedua yakni ujian atau tes. Sebelum tes harus mengecek terlebih dahulu apakah nama anda benar lolos seleksi berkas. Jika nama anda tercantum, maka kewajiban anda mengikuti tes. Tes yang diujikan bukan sekedar tes karena harus belajar mata pelajaran SMA atau MA. 

Nama-nama yang melakukan tes bukan puluhan ataupun ratusan tetapi ribuan mahasiswa. Kurang lebih 1200 mahasiswa ikut melaksanakan tes. Nah, kuota yang diberikan hanya sekitar 235 orang. Dari rasio yang ikut dan yang diterima tentu persaingannya juga sangat ketat. Alhamdulillah penulis lolos seleksi tes dari sejumlah mahasiswa yang ikut tes.

Pada tahap terakhir yakni survei lokasi atau rumah calon penerima Bidikmisi. Tim yang mensurvei langsung ke rumah ialah para dosen yang berdomisili disekitar lokasi calon penerima Bidikmisi. Survei ini untuk memastikan apakah benar-benar kalangan tidak mampu atau rumah nya tetangga. Maka fungsi nya dari survei yakni demikian. 

Selain rumah juga sertifikat atau pengalaman selama sekolah apakah pernah mengikuti perlombaan ataupun pernah mendapatkan juada di bangku sekolah. Hal tersebut untuk mendukung bahwa layak diberikan beasiswa Bidikmisi karena selain kurang mampu juga berprestasi agar tidak salah sasaran.

Proses tahapan diatas untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi tahun 2019. Tahun-tahun berikutnya pastinya ada pembaruan dalam mekanisme seleksi nya. Sayangnya, akhir-akhir tahun ini seringkali salah sasaran karena dari kalangan mampu justru mendapatkan beasiswa ini.

Dok pribdi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline