Lihat ke Halaman Asli

Achmad Nurwahid Hasyim

mahasiswa semester akhir

Atasi Kegalauan Selama Pandemi, Mahasiswa UNS Membuka Curhat Daring Gratis

Diperbarui: 24 Juli 2020   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akun curhat hassh.id

Wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia, menjadi sebuah permasahan yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Indonesia sebagai salah satu negara yang terdampak Covid-19 menyatakan hal ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) mulai bulan Maret 2020.

Sampai saat artikel ini ditulis, sudah lebih dari 89.000 orang yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia terjangkit kasus positif Covid-19. Kurva kasus positif di Indonesia terus menanjak dengan penambahan lebih dari 1.000 kasus perharinya. Kondisi yang semakin parah ini membuat masyarakat menjadi panik, ketakutan, serta timbul rasa ketidakpastian.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah guna mencegah penyebaran covid-19 lebih luas lagi, mulai dari sosialisasi pencegahan covid-19 sampai pada kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Hasyim, seorang mahasiswa semester 7 Universitas Sebelas Maret (UNS) memiliki cara tersendiri untuk membantu masyarakat yang kesusahan selama pandemi. Berbekal pengetahuan Bimbingan dan Konselingnya, Hasyim membuat akun curhat bernama @hassh.id di Instagram bersama ketiga temannya. Pembuatan akun curhat ini juga menjadi salah satu dari program kerja Hasyim dalam kegiatan KKN UNS tanggap wabah Covid-19 yang diselenggarakan oleh kampusnya.

Dengan mengusung tagline "kamu tidak sendiri, sini curhat bareng kami", tujuan dibuatnya akun ini adalah untuk menemani masyarakat mengungkapkan keluh kesahnya selama PSBB, "awalnya sih karena liat banyak temen-temen yang hilang pekerjaan, banyak yang putus karena  LDR (hubungan jarak jauh) gitu-gitu, terus ga tau mau cerita ke siapa. jadi niat kami pengen jadi pendengar buat teman-teman di luar sana biar ga ngerasa sendirian" ungkap Hasyim. 

Mereka menyebut orang yang curhat kepada hassh.id dengan sebutan "Sahabat hassh".  Tidak hanya curhat, hassh.id juga memberikan info mengenai covid-19 serta tips dan rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan selama pandemi

Untuk bisa curhat kepada tim hassh.id,kamu hanya perlu mengikuti rules mudah yang telah disematkan dalam sorotan story hassh.id. Kamu juga bisa memilih teman curhat yang merupakan 4 orang admin dari hassh.id. Setelah mengisi form yang disediakan, kamu akan segera dihubungi oleh admin dari hassh.id. Melalui hassh.id, kamu tidak perlu takut rahasiamu tersebar, karena tim dari hassh.id menjamin kerahasiaan dari cerita dan identitasmu. 

Jadi, sudah siap meluapkan uneg-unegmu?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline