Lihat ke Halaman Asli

Mengatur Aktivitas dan Waktu

Diperbarui: 10 Desember 2022   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mengatur waktu adalah cara kita untuk menentukan penggunaan waktu yang tepat dari waktu yang  kita miliki untuk aktivitas-aktivitas kita berdasarkan prioritas yang tepat. Agar tercapai produktivitas untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.  Dalam proses manajemen waktu bukan berarti aktivitas kita hanya di arahkan ke hal tertentu saja misal belajar seharian. Tetapi lebih kepada penempatan keseimbangan aktivitas kita pada durasi berapa lama dan waktu yang tepat. Dalam pengaturan waktu yang efektif kita harus memuat waktu kita untuk refreshing, waktu kita untuk berkumpul Bersama keluarga, waktu kita untu berkumpul Bersama teman, waktu bekerja, waktu belajar. Jangan sampai kita melupakan waktu kita untuk istirahat dan bersenang-senang.

Penentuan prioritas aktivitas yang tepat menjadi kunci agar kita selalu tepat dalam mengatur waktu. Penggunaan kuadran prioritas bisa membantu kita menentukan mana saja aktivitas yang perlu didahulukan dan mana saja aktivitas yang bisa ditunda. Dalam kuadran prioritas terdiri dari emapt blok. Blok pertama berisi pengelompokan aktivitas yang dalam kategori penting dan segera, blok kedua tidak penting tapi segera, blok ketiga penting tapi tidak segera dan yang terakhir blok keempat tidak penting dan tidak segera.

Penting dan segera merupakan blok kategori aktivitas yang mana perlu ambil tindakan cepat karena hal ini biasanya punya deadline dan konsekuensi yang besar dikehidupan kita. Uas, tugas dll. Yang kedua penting dan tidak mendesak: pekerjaan yang sebenarnya tidak mendesak tapi penting untuk jangka panjang dan punya efek besar. belajar hal baru yang tidak urgent tapi ada baiknya kita rencanakan, seperti membaca buku yang berkaitan dengan prioritas saat ini, Menyiapkan kegiatan,Meluangkan waktu dengan teman atau keluarga. Berikutnya blok kategori tidak penting-mendesak : kategori ini sering berhubungan dengan harapan yang ditetapkan oleh orang lain. Seperti  menyuci piring, mengecek email,menjawab telepon.

Terakhir adalah tidak penting dan tidak mendesak: pekerjaan yang membuang-buang waktu. aktivitas ini tidak berkontribusi untuk kemajuan tujuan kita tapi dapat menghabiskan banyak waktu. nonton Tv, stalking mantan pacar main gadget, dll.

Pada kuadran blok pertama aktivitas yang ada didalamnya maka harus segera dilakukan karena sanagat penting, pada blok kedua kita perlu merencanakan diwaktu yang tepat demi kemajuan perkembangan diri kita, pada blok ketiga sebaiknya tugas-tugas dalam blok ini di delegasikan kepada orang lain agar kitab isa focus kepadan blok pertama, dan yang terakhir adalah blok keempat yang harus kita kurangi dan lakukan sewajarnya saja agar tidak mengangu kegiatan kita.

Dengan memahami kuadran prioritas kita bisa memanfaatkan untuk mengatur focus kegiatan kita secara tepat, dalam satu pekan misalnya kita bisa Menyusun aktivitas yang terpenting dan mendesak kemudian merencanakan dan melakukan setiap hari aktivitas apa saja yang mendekatkan kita pada tujuan kita yang utama atau aktivitas terpenting kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline