Lihat ke Halaman Asli

Ach Syifa Qolby

Umur 20 tahun dan masih kuliah

Antara Equity dan Inklusi dari IWD, Mana yang Harus Didahulukan?

Diperbarui: 21 Maret 2024   04:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pexels.com

Intenational Women's Day (IWD) merupakan salah satu momen penting dalam kalender global. Setiap tahun, tepatnya tanggal 8 Maret, Hari Perempuan Sedunia itu dihelat. Hari tersebut menjadi sebuah perayaan dan pengingat untuk masyarakat global terhadap proses panjang perjuangan perempuan dalam membela hak dan derajat mereka.

Setiap tahunnya pula, IWD memiliki misi-misi tertentu yang ingin mereka canangkan. Tentunya, tema-tema tersebut tetap relevan dengan tujuan awal terbentuknya kampanye akbar tersebut. Melalui tema yang diangkat dan selalu berbeda setiap tahunnya, IWD berharap pesan-pesan yang mereka suarakan dapat membantu mengangkat derajat dan peranan wanita di masyarakat internasional nantinya.

Tema IWD 2023; #EmbraceEquity

Tahun 2023, IWD menyongsong tema yang cukup menarik, #EmbraceEquity atau #RangkulKesetaraan. Bagi khalayak umum mungkin lebih familiar dengan Equality (Ekualitas) daripada Equity (Ekuitas). Meskipun memiliki makna yang sama, yakni "Kesetaraan", namun keduanya mempunyai konsep yang berbeda jika ditafsiri secara lebih mendalam.

Sederhananya, Equality mengatakan bahwa setiap orang memiliki sumber daya dan kesempatan yang sama. Sedangkan Equity meyakini bahwa setiap orang memiliki tugas dan kondisi yang berbeda sehingga mereka mempunyai sumber daya dan kesempatan sesuai porsinya masing-masing.

Dari sini, Tema IWD 2023 mengajak masyarakat dunia memahami betul Equity daripada Equality dalam menyongsong derajat dan peranan perempuan. Karena berdasarkan kondisi dan pengalaman yang berbeda, laki-laki dan perempuan tidak dapatserta merta disama-ratakan (Ekualitas), namun seyogyanya laki-laki dan perempuan harus diberikan pendekatan dan peranan sesuai kelebihan mereka masing-masing (Ekuitas).

Tema IWD 2024; #InspireInclusion

Berbeda dengan Tema IWD sebelumnya, Tema IWD 2024 #InspireInclusion atau #MenginspirasiInklusi lebih berfokus pada kampanye pentingnya inklusi bagi perempuan. Inklusi sendiri adalah kondisi di mana semuanya dapat hidup bersama tidak peduli latar belakang masing-masing, semua orang memiliki kesempatan yang sama dan saling menghargai.

Ketika disandingkan dengan tujuan utama IWD, maka Tema #InspireInclusion seakan mengatakan bahwa perempuan dapat menginspirasi masyarakat dunia untuk membentuk iklim dunia yang lebih inklusif, yang lebih menghargai keberadaan semua orang tanpa pandang bulu, menghormati keberagaman, dan menjunjung tinggi kebersamaan. Sehingga ketika dunia telah bertransformasi menjadi demikian, maka perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata dan dapat hidup berdampingan dengan segala macam keberagaman.

Antara #EmbraceEquity dan #InspireInclusion

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline