Peter Shearer merupakan CEO dan Founder dari Wahyoo, startup digital yang membantu kesejahteraan warung makan tradisional. Sebelum mendirikan Wahyoo, Peter merupakan Managing Director dari AR&Co, salah satu perusahaan terbesar di Asia yang memanfaatkan Augmented Reality dan teknologi inovatif. Saat bekerja di perusahaan ini juga Peter masuk ke dalam daftar 40 orang sukses dibawah 40 tahun versi majalah Fortune. Berasal dari pengalamannya di bidang teknologi dan melihat peluang pasar yang cukup besar, Peter membuat aplikasi dengan fokus membantu warung makan khususnya warteg (warung tegal ) di Indonesia.
Melalui Wahyoo, pemilik warung akan mendapatkan pelatihan mengenai mengelola keuangan, memilih menu, produk makanan sehat, dan juga demo masak. Pemilik warung juga dapat mengumpulkan point rewards dari aplikasi yang dapat ditukarkan dengan hadiah naik haji atau umroh. Wahyoo juga bekerja sama dengan berbagai brand di Indonesia seperti: Redoxon, Teh Pucuk, Betadine, Le Minerale, Tora Bika dan Happy Tos, di mana pemilik warung akan mendapatkan rewards ketika menjual produk dari brand tersebut. Selain itu, Wahyoo juga bekerja sama dengan 8Village untuk memasok bahan sayuran dan produk segar lainnya kepada pemilik warung. Pemilik warung yang belanja kebutuhan warungnya melalui Wahyoo juga dapat mendapatkan layanan gratis ongkir.
Karakteristik Entrepreneur
Menurut investopedia, entrepreneur merupakan seseorang yang membuat suatu usaha dan menanggung sebagian besar resiko dan keuntungan dari usaha tersebut. Sedangkan menurut business news daily, entrepreneur merupakan seseorang yang dapat mengidentifikasi kebutuhan pasar di mana belum ada bisnis atau perusahaan lain yang memiliki solusi atas kebutuhan tersebut.
Berikut karakteristik seorang entrepreneur yang dapat kita contoh dari Peter Shearer:
1. Memiliki passion.
Beliau memiliki passion di bidang teknologi dan sosial sehingga beliau dapat fokus kepada apa yang dikerjakan. Tanpa passion, Anda tidak akan bisa berkomitmen secara penuh terhadap suatu pekerjaan karena passion itulah yang akan menjadi pendorong kita untuk terus melakukan pekerjaan itu.
Passion menurut Vallerand dan Houlfont adalah kecenderungan kuat terhadap suatu kegiatan yang disukai oleh individu, di mana mereka akan rela mengorbankan waktu dan energinya untuk melakukan hal tersebut. Sebelum Anda membuat suatu usaha, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui di bidang apa passion Anda berada. Dengan ini, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan usaha Anda. Jika Anda belum mengetahui apa passion Anda, jangan khawatir. Anda dapat mengeksplorasi diri Anda untuk melakukan hal-hal yang baru. Dari situ, Anda dapat mengembangkan dan menciptakan sesuatu berdasarkan passion Anda.
2. Memiliki visi.
Seperti yang disampaikan Peter dalam wawancaranya bersama Merry Riana, beliau memiliki visi untuk masuk ke dalam majalah sekelas Forbes, Fortune, dan TIME. Karena visi inilah beliau berusaha dan terus berusaha walaupun sempat mengalami kegagalan. Visinya pun tercapai ketika beliau masuk ke dalam daftar 40 orang sukses di bawah 40 tahun versi majalah Fortune.
Visi merupakan tujuan, cita-cita, dan masa depan yang ingin dicapai. Memiliki visi sangat penting dalam kehidupan karena Anda mengetahui tujuan hidup Anda. Jika Anda sudah memiliki visi, maka Anda akan melakukan semua hal dengan sepenuh hati dan terus bangkit jika mengalami kegagalan. Hal ini juga sama dalam berbisnis, jika Anda memiliki visi untuk bisnis Anda, maka Anda dapat mengambil keputusan yang benar untuk mengembangkan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat terus berusaha sampai bisnis Anda mencapai kesuksesan yang besar.