Lihat ke Halaman Asli

Ulul Rosyad

Jangan hanya melihat dan menilainya, hampiri dan ikut prosesnya, Dan kau akan tau bagaimana Rasanya

Blusukan ke Perpustakaan Bujangga Manik di Candi Penataran

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14182951121113990519

Tuntutlah ilmu walau sampai ke Negeri China, kata sebuah hadits. Dan sekitar abad XIV, seorang Bujangga Manik menyerukan, tuntutlah ilmu ke Penataran. Ya, Candi Penataran di Blitar itu, yang dulu dinamakan Rabut Palah. Mengapa China, mungkin bisa dijawab. Tetapi, mengapa juga Penataran? Apa sih istimewanya candi Penataran?

Pada kesempatan menulis kali ini saya akan berbagi cerita jalan-jalan ke Kabupaten Blitar2 tahun yang lalu. Terinspirasi dari buka-buka koleksi foto lama saat mengunjungi Candi Penataran atau Candi Panataran atau nama aslinya Candi Palah adalah sebuah candi yang bersifat keagamaan Hindu Siwaitis.

Candi ini terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Propinsi Jawa Timur. Terletak di barat daya Gunung Kelud, sebelah utara Blitar pada ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

141829532144589153


Kembali ke istimewaannya Candi Penataran dari pengantar tulisan ini seperti diserukan oleh Bujangga Manik. Soal belajar ke China itu, mungkin sekadar perumpamaan saja. Artinya, jangan tanggung-tanggung menuntut ilmu, kalau perlu kejarlah sampai ke tempat yang jauh. Posisi negeri China memang lumayan jauh dari negeri Arab dalam ukuran pada saat itu. Tetapi kalau dipikir-pikir, mungkin bukan sekadar kebetulan disebut Negeri China.

Banyak hal yang menjadi keunggulan China yang masih tetap layak dikagumi. Mulai soal pengobatan tradisional, akunpuntur, ilmu Fengshui, Astrologi (Shio), beladiri (kungfu), ilmu berhitung (sempoa), ilmu perang kuno (dari Sun Tsu misalnya) yang digunakan untuk marketing bisnis dan politik. Bahkan juga olahraga (bulutangkis) yang selalu merajai turnamen internasional (WNI yang juara juga pun banyak berasal dari etnis China).

Jadi sebetulnya dalam konteks sekarang ini pun masih relevan untuk menyerukan “belajar ke negeri China”. Soal produksi barang murah meriah “made in China” telah mampu menggoncangkan pasar dunia. Etos kerja warganya, yang seolah tak pernah nganggur. Ibu-ibu sambil momong bayi pun masih nyambi mengerjakan pekerjaan ringan yang kemudian disetorkan ke perusahaan. Juga soal hukuman mati bagi koruptor. Ini juga perlu di contoh.

Lantas, apa menariknya Penataran? Inilah kompleks candi terbesar di Jawa Timur yang masih terawat hingga sekarang, dibangun dalam kurun waktu sekitar 250 tahun, mulai tahun 1197 M sampai dengan abad XIV. Ratusan panel reliefnya masih bisa dinikmati dengan baik, yang memuat cerita Kresnayana, Mahabarata, dan cerita-cerita klasik seperti Sri Tanjung.

Sebagai candi terbesar di Jawa Timur, Candi di kawasan Nglegok, Blitar ini, ibarat “sumber air yang tak pernah kering” untuk ditimba oleh siapapun yang bermaksud mendapatkan informasi, imajinasi dan makna keteladanan. Candi Penataran dapat berfungsi sebagai sumber eksplorasi seni. Yaitu kesenian masa lampau, yang berbentuk seni-bangun candi beserta kompleksitasnya.

1418295503144902773

Sebagai karya seni, candi adalah perwujudan ekspresi seni rupa pada suatu masa yang lampau. Ragam ekspresi seni yang hadir di dalamnya, antara lain meliputi ekspresi: Seni Bangun , Seni Pahat, Seni Sastra Visual dalam bentuk relief cerita, serta Seni Keagamaan. Ragam ekspresi seni yang demikian, secara lengkap dapat dicermati di kompleks Candi Penataran sebagai sebuah candi yang paling spektakuler di Jawa Timur. Disamping itu merupakan contoh signifikan mahakarya seni rupa masa Hindu-Buddha yang inovatif dan kreatif, sehingga mampu menampilkan gaya khas, yang disebut “Gaya Jawa Timuran”.

Jadi, Candi Penataran adalah sebuah “perpustakaan hidup” dan dapat menjadi inspirasi untuk melahirkan pemimpin bangsa. Sebagaimana makna kata Penataran itu sendiri, berasal dari kata pa-natha-ayrya-an. Kata natha berarti pemimpin/raja, sedangkan ayrya menggambarkan sesuatu yang tinggi dan dipersonifikasikan pada orang yang berkedudukan tinggi. Dengan demikian kata Panataran dapat diartikan sebagai tempat seorang pimpinan/raja.

Fungsi sebagai tempat menimba ilmu ini bahkan sudah disebutkan dalam naskah Bujangga Manik, seorang bangsawan Sunda, bahwa Rabut Palah (nama lama candi Penataran), setiap harinya banyak pengunjung yang melakukan puja dan belajar agama. Bujangga Manik bahkan menetap untuk sementara waktu di Penataran untuk belajar beberapa kitab agama dan hukum. Penataran adalah tempat pendidikan agama yang disebut mandala atau kadewaguruan yang dipimpin oleh seorang Siddharsi atau Dewan Guru yang marak di Majapahit, khususnya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline