Lihat ke Halaman Asli

Makrab PAI UIN SUKA 22: Terapkan Nilai Solidaritas Keislaman

Diperbarui: 24 Desember 2022   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sebelum pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Ajaran 2022/2023, PAI IUN Sunan Kalijaga mengadakan kegiatan makrab. Kegiatan malam keakraban atau yang sering disebut dengan istilah makrab merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membangun keakraban dan lebih mengenal satu sama lain. Sebagai ajang untuk mempererat persaudaraan keluarga PAI angakatan 22 UIN Sunan Kalijaga mengadakan kegiatan makrab yang diselenggarakan di Desa Wisata Kelor, Turi Sleman, Yogyakarta selama 2 hari, yang telah dimulai hari Sabtu, (3/12/22). Adapun peserta dari kegiatan makrab ini seluruh mahasiswa program studi PAI UIN Sunan Kalijaga Angkatan 22 dan dihadiri oleh tamu undangan yaitu ketua Angkatan PAI dari angkatan 14 sampai angkatan 22 dan juga pengurus HMPS PAI tahun 22.

Kegiatan diawali pra acara tadarus bersama juz 30 dilanjutkan pembukaan, pembacaan ayat suci al-Qur'an, dan sambutan ketua panitia Muhammad Fauzan Hazami. Dalam sambutannya Hazami mengatakan bahwa, kegiatan makrab ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan, keakraban, dan solidaritas dengan tetap menerapkan nilai-nilai keislaman.  Hal tersebut dibuktikan dengan  runtutan acara mulai dari berbagai permainan yang menumbuhkan dan melahirkan sikap solidaritas, juga tak lupa kegiatan kerohanian juga turut serta dalam kegiatan makrab ini sperti sholat berjamaah dan tadarus al-Qur'an.

Puncak dari rangkaian kegiatan makrab ditutup dengan tadabur alam yaitu susur sungai. Selain menambah keakraban dengan susur sungai juga kita dapat mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Dan mengingatkan kepada kita untuk senantiasa menjaga alam sekitar dengan tidak merusaknya. Proses kegiatan makrab berjalan dengan lancar didukung oleh panitia dan peserta yang begitu antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Setelah kegiatan selesai, para peserta meninggalkan tempat dan panitia bergotong royong untuk membersihkan tempat kegiatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline