Lihat ke Halaman Asli

Abuifan

I am just me

Amsol Sikos, Software Aplikasi untuk Manajemen Usaha Kos Profesional

Diperbarui: 6 Juli 2015   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Amsol Sikos"][/caption]Kalo yang ini ada unsur promosi dikit. Bagi yang usaha kos-kosan atau losmen atau penginapan sederhana, anda dapat mencoba aplikasi ini secara gratis.

Aplikasi ini ditujukan untuk digunakan para pengusaha kos-kosan dalam manajemen pengelolaan kos-kosannya.

Dulu biasanya pengusaha kos-kosan bertempat tinggal dekat dari kos-kosannya itu. Biasanya adalah seseorang yang memiliki warisan tanah yang luas kemudian dengan modal yang ada dia bangun rumah dalam beberapa kamar untuk kemudian dia sewakan ke orang-orang untuk dijadikan tempat tinggal (kos). Usaha semacam ini saat ini masih ada di banyak kota besar di sekitar kampus atau kawasan pendidikan lainnya. Biasanya usaha kos-kosan merupakan usaha sampingan. Dimana si owner mengelola kos-kosannya sambil bekerja atau berbisnis yang lain. Walau mungkin hanya beberapa kamar (sehingga pemasukannya juga tidak banyak) namun sudah lumayan karena sifatnya yang pasif income tadi.

Saat ini ada trend yang berkembang dimana usaha kos sudah dikelola dengan lebih profesional. Karena bagaimanapun juga usaha kos tetap menjanjikan dari sisi pasif incomenya, usaha yang relatif stabil tanpa harus ditungguin. Kalau usaha kos biasa biasanya antara 400 rb s/d 600 ribu saja sebulan ternyata bisa ditingkatkan tarifnya dengan cara menambah fasilitas lux. Di antara fasilitas itu seperti AC, mesin cuci, TV kabel, dan lain sebagainya. Tak heran jika satu kamar bisa mencapai tarif 2 juta ke atas. Bahkan ada yang sampai 10 juta/ bulan. Dan kos dengan sistem sewa harianpun sudah marak sekali. Sudah seperti tarif hotel. Dan memang ceruk pasar yang dibidik adalah kelas di bawah hotel namun masih cukup eksklusif.

Usaha kos sekarang biasanya si pemilik kos tidak bertempat tinggal di sekitar kos yang dimilikinya. Dia adalah seorang yang mobile. Dan diapun memiliki usaha kos tidak hanya satu tempat. Biasanya dia mempekerjakan seseorang untuk mengelola usaha kosnya sebagai penjaga kos. Termasuk dalam hal pembayaran juga dipasrahkan ke penjaga kos tadi. Biasanya sistem pencatatan masih manual.

Kelemahan usaha semacam ini adalah di antaranya :

  1. Penjaga kos kurang terpantau dengan baik. Kalau yang diawasi hanya beberapa kamar mungkin tidak terlalu ngefek. Namun jika mengawasi puluhan atau ratusan kamar bahkan, maka tentu efeknya kelihatan. Dari pengalaman yang saya dengar biasanya ada aja informasi seperti uang yang disembunyikan, kelupaan, anak kos yang tidak terpantau datanya, dan yang lainnya.
  2. Pemilik kos jika ingin mengontrol usaha kosnya ini harus datang langsung ke tempat. Tidak bisa dari jarak jauh kecuali dengan telepon atau sms. Itupun belum bisa melihat laporan secara real. Padahal dia adalah seorang yang mobile yang biasanya menekuni usaha lain. Sedangkan kos ini sifatnya adalah usaha sampingan sebagai pasif income

Dengan menggunakan software aplikasi web base si kos ini maka 2 permasalahan dasar tersebut bisa diatasi. Penjaga kos cukup mengentri data riil pemasukan, pengeluaran, check out, sementara laporan sudah akan tersaji secara real time otomatis. Laporan laporan seperti laporan check out, pemasukan, biaya operasional, bahkan sampai dengan laba rugi usahapun dapat tersaji secara otomatis.

Selain itu karena sifat dari software ini yang online maka tentunya bisa diakses dari mana saja. Bahkan dengan gadget non laptop atau komputer pun dapat di akses. Sehingga dimanapun pemilik kos berada maka dia dapat dengan mudah melihat laporan kegiatan dan keuangan dari kos-kosan yang dimilikinya.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah bisa digunakan untuk mengelola banyak usaha kos. Tidak hanya satu. Sementara dengan fitur manajemen penghuni, data KTP, nomor HP, dan biodata singkat si penghuni dapat terecord dengan baik secara digital. Jika sewaktu-waktu ada operasi aman karena dapat di print setiap saat. Jika ada permintaan tambahan fasilitas maka juga dapat ditambahkan.

Jadi bagi para pemilik kos dapat mencoba aplikasi ini untuk membantu kegiatan usahanya. Untuk coba-coba gratis kunjungi aja www.sikos.amanahsolution.com. Untuk loginnya :

Username admin password : admin

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline