Lihat ke Halaman Asli

Abu Ghizza

Wiraswasta

Salma... Benchmark Baru Indonesian Idol

Diperbarui: 19 Mei 2023   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Sekitar 10 tahun yang lalu saya ikut-ikutan menulis di Kompasiana tentang Fatin kontestan X Factor Indonesia dimana dia kemudian menjadi juaranya, sebagai penggemar musik, meskipun tidak intens, saya hampir selalu menyempatkan diri menonton acara-acara pencarian bakat yang diadakan oleh stasiun TV. Namun setelah eranya Fatin saya merasa tidak ada lagi yang begitu menarik perhatian, hingga tanpa sengaja saya menonton audisinya Salma Aliyyah pada Indonesian Idol 2023, 'vibe'-nya terasa mirip, apalagi ternyata saya lihat ada rekan Fatinistic Jadoel ( Fatinistic adalah nama fanbase-nya Fatin ) yang juga telah menulis tentang Salma di Kompasiana, makin terasa seru saat grup WA Fatinistic Jadoel mendadak jadi aktif lagi membicarakan Salma. Seru karena grup ini diisi orang-orang Jadoel ( maksudnya udah berumur hahaha ) yang memang suka musik.

Salma adalah gadis remaja yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Saat mengikuti audisi umurnya 20 tahun dan masih kuliah di Institut Seni Indonesia ( ISI ) Jogjakarta. Dari beberapa lagu tahun 90-an yang dia nyanyikan dengan baik dan berubah menjadi lebih kekinian saya berkesimpulan anak ini memiliki wawasan musik yang cukup luas selain juga cerdas dalam bermusik. Perjalanannya juga menarik, sejak umur 10 tahun hingga mengikuti Indonesian Idol 2023 dia telah mengikuti berbagai ajang pencarian bakat meski 'gagal', satu hal yang pantas ditiru darinya adalah semangat pantang menyerahnya. Perjalanan di Idol 2023 juga tidak mudah, saat kontestan lain sudah punya fanbase untuk hadir mendukung di studio, dia belum punya, sampai sempat berkecil hati jika penampilannya tidak ada pendukung yang menonton. Juga saat sebagian besar kontestan lain telah ditonton langsung oleh orang tuanya di studio, Salma belum pernah, hingga sampailah dia dalam kerinduan mendalam kepada orang tua yang kemudian menginspirasinya menciptakan lagu berjudul ' Rumah ' yang sukses membuat semua juri dan pendengarnya meneteskan air mata. Ini sekaligus mengungkap sisi lain bakatnya sebagai komposer.

Penampilan Salma memang mencuri perhatian. Rossa menyebut Salma sebagai 'BENCHMARK' baru Indonesian Idol, hal ini didasari fakta yang ada sepanjang gelaran Idol di mana kontestan yang mendapatkan Standing Ovation ( SO ) dari juri umumnya adalah mereka yang berhasil mengeksekusi nada-nada tinggi dan powerfull, yang kemudian menjadi juara juga umumnya adalah yang suaranya bertipikal seperti itu. Salma ini berbeda, kelebihan dia adalah dalam musikalitas, cara bernyanyinya yang santai dan 'effortless' membuat pengambilan nada yang sebetulnya sulit jadi terlihat mudah, lagu-lagu Indi yang biasanya perlu mikir saat kita dengarkan berubah jadi 'easy listening' saat dia bawakan, ditambah suaranya yang memang enak, bening dan stabil membuat lagunya jadi tidak membosankan saat didengar berulang-ulang. Perubahan arransemen dari  lagu-lagu yang dia bawakan juga kadang mengejutkan, kadang temponya diubah, kadang masuk unsur  'groove', kadang dia selipkan scat dan rap, juga seringkali dia melakukan perubahan nada dan modulasi dengan cara yang tidak lazim tanpa mengurangi keindahan lagunya. Para juri pun terlihat selalu menunggu kejutan-kejutan dari Salma. Dan yang bagi saya juga terasa luar biasa adalah karena dia hampir sudah menyanyikan semua 'genre' dengan mulus termasuk lagu keroncong hahaha.

Salma digelari 'ratu trending', masuk akal karena dalam catatan saya, 12 dari 16 penampilannya selama di Indonesian Idol 2023 jadi 'trending' di Youtube, ini belum termasuk penampilannya sebelum babak spektakuler dan saat dia berduet. Rata-rata viewer-nya 2 juta, bahkan video lagu 'Rungkad' saat ini sudah menuju 10 juta, Salma jadi penghasil uang yang potensial melalui viewer di Youtube. Kehadiran Salma pun jadi membawa berkah bagi para Youtuber yang me'react' penampilannya, karena bisa dipastikan viewernya mencapai puluhan bahkan ada yang ratusan ribu, dalam catatan saya penampilannya saat membawakan lagu 'Love Me Like You Do' milik Ellie Goulding telah di'react' lebih dari 50 Youtuber dari dalam dan luar negeri dengan berbagai latar belakang, ada produser, penyanyi, guru vokal dan tentunya pengamat musik.

Saat saya menulis artikel ini, babak Grand Final telah usai dan tinggal menunggu hasilnya yang akan diumumkan dibabak Result dan Reunion yang akan digelar pada Senin, 22 Mei 2023 pukul 21.30 WIB. Satu cerita jelang gelaran Grand Final adalah Salma mengalami sakit yang membuat suaranya 'hilang', namun dengan kepercayaan diri dan mental yang sudah teruji, dia mampu melewati malam itu dengan penampilan yang memukau, meski terasa sekali dia kesulitan saat tampil duet dan trio, namun saat tampil solo, Salma sukses membawakan lagu Aku Milikmu dari DEWA 19 dengan improvisasi-improvisasinya yang mengundang decak kagum semua Juri. Dalam situasi yang berbeda ' hilangnya ' suara Salma ini mengingatkan saya pada alm. Chrisye yang juga mengalami hal yang sama jelang konser tunggalnya, dalam catatan saya hal seperti ini juga pernah dialami Fariz RM, musibah yang membawa berkah .. karena setelah terlewati jalan kesuksesan justru jadi terbuka bagi mereka.

Saya berani mengatakan bahwa dengan kecerdasan seorang musisi yang selama ini telah Salma sajikan, yang secara terang-terangan diakui oleh semua juri, yang diakui juga oleh para pengamat musik yang me'react' semua penampilannya, maka Salma adalah yang paling pantas menjadi juara Idol musim ini, sayangnya yang menentukan juaranya adalah hasil voting. Jika diibaratkan pertandingan tinju, Salma adalah petinju yang sudah berhasil mengumpulkan banyak poin dari ronde-ronde yang telah dilaluinya, namun pukulan K.O dironde terakhir bisa saja membuat semua penampilan luar biasanya menjadi tidak berarti. YA .. PUKULAN K.O BERUPA HASIL VOTING YANG HASILNYA HANYA INDONESIAN IDOL DAN TUHAN YANG TAHU !.

Terakhir .. untuk SALMINE fanbase-nya Salma, kalian sudah sangat hebat sampai titik ini, jangan lengah, terus semangat dan jaga kekompakan, apapun hasil akhirnya nanti teruslah mendukung Salma dalam meniti karirnya di industri musik. Menjadi juara memang penting .. tetapi yang lebih penting adalah eksistensi Salma di industri musik pasca Indonesian Idol .. keep on streaming #menghargaikatarindusalma .. keep on voting SALMINE !.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline