Lihat ke Halaman Asli

Kecakapan Berinteraksi Digital: Pencegahan Perundungan di MI Al-Ma'arif Beran, Boyolali

Diperbarui: 15 Februari 2024   18:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: Dokumen Pribadi)

BOYOLALI – (15/02), telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan oleh Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro yang bertujuan sebagai upaya peningkatan kecakapan berinteraksi digital kepada murid di MI Al-Ma’arif Beran Desa Lemahireng, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu (17/01) lalu, merupakan bagian dari program keilmuan KKN yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN dengan judul “Penyuluhan atau Sosialisasi Tentang Peningkatan Kecakapan Berinteraksi Digital Dalam Pencegahan Tindakan Perundungan di Pergaulan”.

(Sumber: Dokumen Pribadi)

Program kerja ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membantu pemuda Desa Lemahireng dalam berinteraksi menggunakan media sosial menggunakan gawai pribadi mereka. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 7 murid kelas 5 di MI Al-Ma’arif Beran. Dalam kegiatan ini, murid-murid diberikan pembekalan materi untuk memahami cara bijak dalam berinteraksi digital menggunakan gawai pribadi mereka, mulai dari berkomunikasi dengan orang lain, melindungi data pribadi, dan juga untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pengembangan potensi kreativitas yang ada pada diri.

Kegiatan penyuluhan peningkatan kecakapan berinteraksi digital ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pemuda Desa Lemahireng dan berpotensi untuk membantu mereka dalam memajukan desa dengan memanfaatkan media sosial. Murid-murid juga diberikan materi PPT dan booklet untuk memudahkan mereka dalam memahami materi yang diterima setelah kegiatan selesai.

Penulis: Abram Darmaputra

Dosen Pembimbing: Hadiyanto, S.S., M.Hum.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline