Lihat ke Halaman Asli

Abraar Zacharia

Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro

Pemberian Edukasi Pentingnya Pemasaran Sosial Media kepada Para Pelaku UMKM di Kelurahan Gedawang

Diperbarui: 12 Agustus 2022   07:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dewasa ini, dunia digital selalu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan ini disebabkan oleh majunya sarana dan pra-sarana internet. Salah satu platform yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan internet adalah platform media sosial. Hingga kini platform media sosial digunakan oleh semua golongan masyarakat yang memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Dapat dikatakan bahwa platform media sosial memiliki koneksi yang kuat dengan manusia sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Bagi masyarakat media sosial memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk menunjang kehidupan sehari -- hari. Media Sosial dapat dijadikan tempat untuk bersosialisasi dengan orang lain, digunakan sebagai sarana untuk penyaluran hobi, digunakan sebagai media untuk pencarian informasi, dan yang terakhir adalah digunakan sebagai sarana untuk melakukan pemasaran bisnis online dan promosi.

Dalam kesempatan ini penulis ingin membahas mengenai pentingnya pemasaran media sosial bagi perkembangan sebuah bisnis. Pertama -- tama ap aitu pemasaran media sosial ? 

Pemasaran media sosial merupakan salah satu jenis strategi marketing yang penggunaannya sudah sangat mendunia. Dapat disederhanakan bahwa pemasaran media sosial sangat memanfaatkan media sosial dalam proses bisnisnya. Hingga saat ini sudah banyak sekali perusahaan di dunia ini menggunakan metode pemasaran ini karena dituding bahwa metode pemasaran ini lebih efektif dan efisien apabila dibandingkan dengan metode pemasaran secara offline atau konvensional. Pemasaran media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan awareness terhadap brand suatu bisnis, Mendapatkan insight produk sehingga dapat menentukan jalan atau strategi pemasaran yang harus diimplementasikan, Mengetahui bisnis yang dijalankan oleh pesaing, dan mengetahui feedback dari konsumen.

Sebagai penulis yang sedang melakukan kegiatan KKN Bersama Tim II KKN Universitas Diponegoro 2022, penulis diterjunkan di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada tanggal 5 Juli 2022. Sebagai salah satu pemenuhan persyaratan KKN yaitu melakukan pelaksanaan program kerja, penulis melakukan survey dan setelah melakukan survey penulis menemukan bahwa di Kelurahan Gedawang memiliki banyak potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan sebagai ladang pendapatan bagi masyarakat Kelurahan Gedawang. 

Dari hal tersebut banyak dari masyrakat Gedawang yang mememanfaatkan potensi tersebut dengan membuka usahan mikro kecil menengah atau UMKM. Hingga saat ini Kelurahan Gedawang memiliki lebih dari 200 UMKM yang bergerak di berbagai bidang. Karena banyak UMKM yang terdapat di Kelurahan tersebut maka dibuatlah suatu wadah masyarakat yang bernama GERAI KOPIMI. Dibawah naungan GERAI KOPIMI, masyarakat banyak yang mendaftarkan UMKM-nya agar tergabung menjadi anggota tetap GERAI KOPIMI karena dengan menjadi anggota, para pelaku UMKM bisa mendapatkan banyak manfaat seperti tambahan dana hingga pelatihan gratis oleh pemerintah.

Setelah melakukan survey dan wawancara terhadap para pelaku UMKM di Kelurahan Gedawang. Penulis mendapati bahwa terdapat banyak sekali UMKM yang belum memanfaatkan platform media sosial untuk melakukan bisnis mereka. Para pelaku UMKM masih banyak yang menggunakan metode pemasaran konvensional. Hal ini dikarenakan banyak pelaku UMKM yang masih asing terhadap penggunaan media sosial untuk melakukan bisnis. sehingga hal ini amat disayangkan karena menurut penulis bisnis UMKM yang terdapat di Kelurahan Gedawang sangatlah unik dan menarik dan masih banyak masyarakat Kota Semarang yang tidak mengetahui bisnis tersebut.

Sebagai mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang ingin membantu memajukan UMKM di Kelurahan Gedawang bersama dengan bantuan pengurus GERAI KOPIMI, penulis Menyusun dan melaksanakan program kerja KKN yang berbentuk sosialisasi dan edukasi yang berorientasi terhadap pengenalan dan pentingnya pemasaran media sosial untuk bisnis UMKM. 

Dalam pelaksanaan program kerja KKN ini materi yang disampaikan oleh penulis kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Gedawang berupa pengertian pemasaran media sosial, kegunaan pemasaran media sosial, dan juga strategi -- strategi yang dapat diterapkan kedalam bisnis UMKM. Penulis juga membagikan Booklet kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Gedawang yang mengikuti acara sosialisasi. Pada saat pelaksanaan program kerja KKN dilakukan, penulis dapat melihat para pelaku UMKM di Kelurahan Gedawang yang hadir di acara tersebut terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam memperhatikan ilmu yang disampaikan oleh penulis. Penulis juga mersakan terjadinya diskusi yang dapat dikatakan sangat hidup karena para audiens melontarkan beberapa pertanyaan seputar pemasaran media sosial kepada penulis dan banyak pula audiens yang menanggapi pernyatanyaan yang dilontarkan.

Dokpri

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline