Lihat ke Halaman Asli

Abi Zidan Mahendra

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020/2021

Fasilitas Kesehatan Tersedia, Mahasiswa KKN Tim II Undip Beritahu Cara Menggunakannya

Diperbarui: 7 Agustus 2021   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pemberian Edukasi Kepada Santri Tingkat SD

          Semarang (31/07/21) -- Pada saat ini pandemi COVID 19 masih berlangsung di Indonesia, bahkan kasus positif corona di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Dengan adanya situasi tersebut, Mahasiswa KKN Tim II periode 2020/2021 terjun untuk membekali pengetahuan kepada anak-anak cara menggunakan fasilitas kesehatan di Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah yang terletak di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Letak Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah masuk ke dalam zona merah sehingga menjaga kebersihan dan Kesehatan sangat diperlukan khusunya bagi anak-anak.

          Sejalan dengan kondisi tersebut, sebagai bentuk dari kegiatan pengabdian kepada para santri di Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro berinisiatif mengajarkan cara mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer dengan benar kepada anak-anak tingkat SD di Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah. Pemberian edukasi cara mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer yang benar dilaksanakan di dalam aula Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah dengan menerapkan protokol Kesehatan seperti mengecek suhu tubuh para peserta sebelum masuk ruangan, memakai masker, tidak berkerumun, serta menjaga jarak.

          Setelah pemberian edukasi, dilanjutkan menempelkan poster langkah-langkah mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer di sekitar area Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah, contohnya di depan masjid, di tempat wudhu, di dekat pintu masuk kamar santri, dan lain--lain. Penempelan poster tersebut dilakukan dengan tujuan agar para santri yang tidak ikut dalam sosialisasi dapat melihat melalui poster mengingat terbatasnya luas ruang aula Pondok Pesantren Al--Mu'awanah serta adanya protokol kesehatan yang tidak membolehkan untuk berkerumun.

Fasilitas Kesehatan Tersedia, Mahasiswa KKN Tim II Undip Beritahu Cara Menggunakannya

Gambar 2. Penempelan poster poster langkah-langkah mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer dengan benar

          Dengan adanya pemberian pengetahuan tersebut diharapkan agar para santri tingkat SD di Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah dapat mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer dengan benar agar tangan mereka bebas dari kuman dan bakteri. Serta dapat mencegah penularan virus COVID 19 di lingkungan Pondok Pesantren Al -- Mu'awanah dengan menjaga kebersihan tangan dengan benar.

Fasilitas Kesehatan Tersedia, Mahasiswa KKN Tim II Undip Beritahu Cara Menggunakannya

Gambar 3. Foto bersama para santri tingkat SD

Penulis                        :  Abi Zidan Mahendra

Dosen Pembimbing     : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si.

Semarang, 7 Agustus 2021

-BERGERAK BERSAMA, WUJUDKAN AKSI NYATA-




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline