Lihat ke Halaman Asli

WAHID HASIM

Baca dan baca lalu tulislah

Resep Hidup Bahagia (1)

Diperbarui: 21 Juli 2022   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Resep Hidup Bahagia 

Syaikh Abdul Qodir jailani mengatakan bahwa setiap manusia yang terlahir ke muka bumi ini tidak bisa menghindar dari dua hal, dua keadan batin dalam menjalani kehidupan, antara bahagia dan sengsara. 

Ketika disodorkan kepada kita dua pilihan antara bahagia dan sengsara, maka semua manusia tanpa kecuali akan menjatuhkan pilihan  perasaannya pada bahagia. 

Allah menjadikan manusia dilengkapi dengan hati, hatilah yang bisa merasakan bahagia atau sengsara.

Bahagia dan sengsara adalah wilayah hati yang punya. Apa yang ada dalam hati manusia berbeda -- beda. Karenanya bila ditanyakan pada diri setiap manusia, apa yang kamu cari hidup di dunia ini .....? dapat dipastikan jawabanya mencari kebahagiaan hidup , bila ditanyakan kembali kebahagiaan seperti apa yang kamu dambakan...?, maka akan muncul beragam jawaban.

 Isi hati manusia tidak ada yang tahu, tidak ada yang bisa membaca. Orang kaya mungkin akan merasa bahagia bila semua keperluan materinya terpenuhi, rumah mewah ada, sarana mobil, kendaraan tersedia, semua keperluan di rumah serba lengkap, berbeda dengan orang miskin -- bagi orang yang miskin dengan makan cukup hari itu saja sudah merasa bahagia.

 Lain lagi pemimpin, pemimpin akan bahagia bila semua planing yang diprogramkan tercapai semua tanpa ada kendala -- tidak banyak masalah yang muncul, semua anak buahnya patuh, semua masalah dapat dikendalikan.sedangkan bagi bawahan asal gaji sudah terbayar tepat waktu bahagia rasanya didapat. 

Sedangkan  bahagianya orang yang sehat tentu tak sama dengan orang yang sakit, bahagianya ahli taat berbeda dengan ahli maksiyat. Setiap manusia pasti mengharap hidup bahagia dengan segala status dan strata sosial yang melekat padanya, serta dengan kondisi bagaimanapun dan dimanapun.

Ada sebuah dialog menarik yang terjadi ketika dua orang berjalan melewati sebuah rumah megah, dibagasinya ada beberapa mobil mewah.  Tampak  anak-anaknya sedang bermain di halaman rumah yang luas dan ditanami bunga-bunga yang indah. 

Diteras terlihat seorang laki-laki dan perempuan yang  sedang duduk berdua diteras rumah, mungkin itu kedua orang tuanya kali ya, ucap salah seorang kepada teman disampingnya sambil memperhatikan rumah megah dan yang ada didalamnya. 

Teman yang disampingya menjawab : mungkin juga, sambil menimpali "alangkah bahagianya kedua orang tua dan anak-anaknya itu ya -- rumah megah, mobil mewah, halaman rumah luas nan indah, fasilitas wah....bahagianya mereka ya...!?.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline